Semarak Festival MIPA UNJ 2016

Seperti tahun tahun sebelumnya, Festival MIPA menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh kawula muda dalam menunjukan prestasi dan kemampuan mereka. Ajang kompetisi yang dibalut dengan berbagai nuansa sains dan matematika ini kembali digelar di 2016. Dengan persiapan yang matang sejak awal tahun, acara ini berhasil menarik perhatian total kurang lebih 2000 peserta dengan jenjang yang berbeda-beda. Bukan hanya lomba yang ditawarkan disini, melainkan terdapat seminar, bedah buku dan berbagai rangkaian lainnya.

Acara ini merupakan aliansi dari semua divisi edukasi yang terdapat di tiap-tiap BEM di Fakultas MIPA, baik prodi maupun fakultas menjadi satu. Hal ini menjadikan kerjasama dan ide-ide yang ada menjadi lebih kuat apalagi ditambah dengan dukungan dosen-dosen yang ahli dibidangnya. Untuk tahun ini acara yang diadakan seperti Olimpiade Biologi SMA, Matematika SD, Kimia SMA, Fisika SMA, IPA terpadu SMP, Matematika SMP dan Matematika SMA.

Babak penyisihan diadakan pada Sabtu, 1 Oktober 2016. Dengan menggunakan kurang lebih 3 gedung yang ada di Universitas Negeri Jakarta. Seperti Gedung Dewi Sartika lantai 8 dan 9, Gedung RA Kartini lantai 5,dan gedung Sertifikasi Guru. Juri merupakan dosen dari Fakultas MIPA yang ahli di bidang masing-masing. Sedangkan untuk lomba fotografi dan esai berasal dari eksternal UNJ. Dalam waktu 2 jam, peserta melakukan babak penyisihan dengan mengerjakan soal-soal di masing-masing kelas.

Para peserta terlihat sangat antusias, masing-masing dari mereka asyik bertukar pikiran sejak pembukaan olimpiade dilakukan. Selain tegang dan khawatir, kejadian unik sempat terjadi pada Khusnul, peserta asal MAN 16 Jakarta yang namanya tak tercantum di daftar peserta. Namun hal ini tidak langsung membuatnya panik, ” Saya bilang jangan panik karena pasti ada solusinya. Panik hanya menjadikan konsentrasinya kacau nantinya” tutur Febriani Sofyan, guru pendamping MAN 16 Jakarta.

Andre Amin Hidayat, ketua pelaksana Festival FMIPA UNJ 2016

Hasil yang cukup memuaskan bagi para panitia Festival MIPA tahun ini. Meskipun baru separuhnya yang telah berjalan namun rangkaian-rangkaian sebelumnya terlaksana sesuai dengan ekspektasi. Andre Amin Hidayat, ketua pelaksana Festival FMIPA UNJ 2016 mengungkapkan harapannya kedepan jika acara ini kembali dilaksanakan adalah bertambahnya sponsor, sponsor adalah hal yang paling utama, menurutnya. Namun selain itu antusiasme siswa di Indonesia juga menjadi satu variabel yang berpengaruh untuksuksesnya acara. Semoga acara seperti terus dapat dilaksanakan, selain memberikan kesempatan untuk berkompetisi hal ini juga menjadi siswa di Indonesia untuk bersosialisasi dan belajarlebih banyak hal. (Ary)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *