Jadi Mahasiswa? Selesai Berekspektasi, Giliran Kamu Tahu Realitanya!

Berstatus mahasiswa adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh semua pelajar. Tak lain dan tak bukan, tentu saja karena banyak media dan karya-karya sastra lainnya, seperti novel dan cerpen yang mengambarkan sosok mahasiswa adalah sosok yang bebas, memiliki pengalaman yang menyenangkan, dianggap sudah dewasa, dan masih banyak hal lain yang tentunya digambarkan indah oleh sang penulis. Teman-teman pelajar terutama pelajar SMA yang sudah membayang-bayangkan bagaimana seru dan bebasnya menjadi mahasiswa, perlu diketahui bahwa menjadi mahasiswa justru tidak seindah yang dibayangkan. Mari simak beberapa realitanya!

Foto oleh : unjkita.com

1. – Ekspektasi : Mahasiswa berpakaian bebas ke kampus.
– Realita : Tidak semua dosen menghalalkan hal tersebut.

Salah satu hal yang paling ditunggu para siswa saat menjadi mahasiswa adalah berpakaian bebas ke kampus alias tidak menggunakan seragam. Eclicious, lagi-lagi kita tertipu dengan gambaran fiktif itu bahwa menjadi mahasiswa berarti dapat berpakaian sebebas-bebasnya. Faktanya, tidak sedikit dosen yang “sangat perhatian” terhadap pakaian yang dikenakan mahasiswanya. Sehingga sebagai mahasiswa, kita harus menyesuaikan pakaian kita dengan ketentuan yang diberikan dosen. Sehingga muncullah pertanyaan-pertanyaan seperti, “Harus pakai baju apa hari ini? harus pakai baju apa besok?”

2. – Ekspektasi : Mahasiswa tasnya kecil karena tidak bawa buku banyak.
– Realita : Binder, buku materi setiap mata kuliah, laptop, bahan praktikum, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya yang dibutuhkan saat kuliah harus tetap masuk ke dalam tas.

“Enak ya jadi mahasiswa, pakai tas kecil ke kampus juga nggak diomelin dosen” eitss, Jelas! Tetapi tas kecil itu hanya ada dalam ekspektasi kita karena sebagai mahasiswa, kita tetap membutuhkan alat tulis dan buku materi belajar kita. Ditambah tugas-tugas yang perlu menggunakan laptop, sehingga memaksa kita untuk membawa laptop ke kampus. Kalau sudah begitu, yakin masih mau pakai tas kecil?

3. – Ekspektasi : Pulang kuliah cepat, bisa main sehabis pulang.
– Realita : Tugas, rapat organisasi, dan jadwal kuliah yang tidak menentu sudah bikin lelah lebih dahulu

Hangout dengan teman-teman sepulang sekolah memang dirasa masih terbatas karena saat sekolah, kita masih menggunakan seragam. Saat kuliah adalah saat yang ditunggu-tunggu. Hangout sepulang kuliah tanpa seragam memang sangat asyik, tetapi kamu harus siap dengan tugas yang diberikan, organisasi yang kamu ikuti mendadak mengadakan rapat, atau tiba-tiba dosenmu memindahkan jadwal kelasmu ke sore hari. Main? Ah, lebih baik pulang saja karena sudah lelah!

4. – Ekspektasi : Belajar sebentar, nilai indah mudah didapat
– Realita : Belajar tidak tekun = cemas tidak lulus mata kuliah

Waktu belajar yang dirasakan mahasiswa di kampus memang sebentar. Namun, waktu sebentar itu sangat menentukan, apakah kita paham dengan pelajaran tersebut atau tidak? Di sekolah, mungkin dengan mudahnya kita mendapatkan nilai yang baik. Baik itu melalui belajar yang sungguh-sungguh, melakukan kecurangan, atau keajaiban dari sang guru yang memberikan belas kasihannya kepada kita. Pada masa kuliah, jika belajar sungguh-sungguh, maka nilamu akan bagus dan lebih baik berhenti mengharapkan nilai kasihan.

5. – Ekspektasi : Jadi mahasiswa = banyak teman
– Realita : Kalau hanya aktif di kelas, siapa yang ingin kenal ?

Kelas hanyalah sebagian kecil dari kampus yang luas. Jika kita sebagai mahasiswa memang menginginkan banyak teman dan pengalaman, tentunya kelas bukan tempat yang tepat. Meskipun kita harus tetap tekun untuk belajar, ada baiknya kita juga aktif di kampus untuk dapat menggali potensi diri, mengembangkan hobi, menambah wawasan, dan memperoleh banyak teman. Organisasi kampus adalah tempat yang tepat untuk kamu yang menginginkan hal tersebut.

Menjadi mahasiswa memang sungguh berwarna. Memang tidak selalu realitanya buruk, tetapi kita perlu tau bahwa menjadi mahasiswa justru memiliki tanggung jawab yang lebih. Menjadi mahasiswa adalah sebuah takdir dan pilihan, jadi ada baiknya kita manfaatkan momen kita sebagai mahasiswa untuk belajar dengan giat dan tidak lupa ikut serta dalam kegiatan yang positif. Selamat menjadi mahasiswa! (SVA/RFH)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
marsbahis