YOUTUBE, Ladang Penghasilan Paling Laris di Era Digital !

              Di era digital sekarang, siapa sih yang tidak mengenal youtube? Situs penampil video paling terkenal yang memiliki jutaan content creator di dalamnya. YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Video yang ditampilkan pun beragam. Bagi wanita, video tutorial memasak, makeup, hingga mix and match fashion tentunya akan sangat mudah didapatkan. Otomotif dan review gadget keren juga sangat diminati oleh penonton pria. Selain itu, beberapa perusahaan juga menjadikan Youtube sebagai wadah untuk mendapatkan lebih banyak konsumen maupun penghasilan tambahan dari konten yang mereka buat.

            Situs yang mulai terkenal pada tahun 2010 ini, selain menjadi media, ia juga dijadikan sebagai ladang penghasilan bagi banyak orang, mulai dari content creator hingga artis papan atas. content creator dapat dengan mudah mengunggah karya digital mereka kedalam Youtube. Selain itu, dengan layanan playback yang diberikan youtube, video tersebut akan dapat diulang kembali sehingga dapat selalu bermanfaat. Tak lupa, hal tersebut juga akan menghasilkan pundi-pundi uang jika ia mendapatkan impresi yang sesuai dengan ketentuan youtube baik itu viewers, likes, maupun subscribers. Dengan kepopuleran yang sudah dimiliki oleh artis, mereka akan dengan lebih mudah berinteraksi dengan fansnya melalui Youtube. Mengunggah video blog pribadi menjadi salah satu yang paling sering dilakukan oleh artis atas permintaan para fans.

            Namun, EClicious tau nggak sih, ketentuan yang ditetapkan Youtube agar kita bisa mendapatkan penghasilan dari situs tersebut? Video yang diunggah harus ditonton selama 4 ribu jam dan channel yang terdaftar harus memiliki 1.000 subscriber loh..  Sehingga meskipun kini Youtuber sudah banyak sekali, tidak semuanya akan mendapatkan penghasilan dari karyanya tersebut.

            Youtube juga memiliki peraturan mengenai konten yang boleh diunggah di situs mereka. Diantaranya tidak boleh yang mengandung kekerasan, pelecehan, berbau SARA, dan membahas topik-topik yang sensitif seperti terorisme dan lain sebagainya. Kilas balik mengikuti kasus yang baru terjadi di Youtube, ada ratusan video Youtube yang dianggap melanggar peraturan sehingga ditindaklanjuti oleh pihak youtube.

            Jika EClicious mau seperti Raditya Dika yang mendapat ratusan juta dari Youtube nya. Ada tipsnya nih, yaitu :

– Pandai-pandai bicara atau presentasi
– Bisa bikin script video atau storyboard yang bagus
– Menentukan ciri khas konten di channel-mu
– Bisa mengedit video yang menarik

Dan tentunya jangan lupa untuk selalu konsisten berkaryanya ya! (SVA/RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *