Wah, Bank Indonesia Mengeluarkan Uang Pecahan Baru Rp75.000, Yuk Simak Keistimewaannya!

Uang pecahan baru khusus Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia yang dikeluarkan Bank Indonesia ini ramai diburu masyarakat. Berdasarkan situs resmi Bank Indonesia, dijelaskan bahwa penerbitan uang pecahan Rp75.000 merupakan wujud syukur dalam mensyukuri kemerdekaan, juga disebutkan bahwa uang pecahan baru ini sebagai suatu peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Uang kertas pecahan Rp75.000 memiliki makna sebagai bentuk syukur kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang yang diharapkan anak-anak bangsa Indonesia sebagai generasi penerus SDM unggul siap mewujudkan Indonesia Emas 2045. Desainnya juga dibuat khusus sedemikian rupa dengan makna tersendiri.

Begitu pula dengan masyarakat yang sangat antusias dalam menyambut uang edisi kemerdekaan ini, yang bisa ditukarkan dengan pemesanan resmi melalui situs Bank Indonesia yaitu pintar.bi.go.id. Berikut hal seputar uang edisi kemerdekaan yang ramai diserbu masyarakat:

  1. Dicetak hanya 75 juta lembar

Mengutip dari kompas.com (17/8/2020), Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan bahwa uang pecahan baru ini tidak ditujukan untuk peredaran bebas melainkan untuk bentuk peringatan kemerdekaan Indonesia, maka dari itu pencetakannya dibuat secara terbatas hanya dengan 75 juta lembar.

  1. Banyak dijual dengan harga tinggi di e-commerce

Dikarenakan gemparnya peredaran uang pecahan baru ini dan desainnya yang unik, tidak dilewatkan sebagian masyarakat yang beruntung mendapatkannya untuk menjual uang pecahan Rp75.000 dengan harga yang bervariasi. Walaupun demikian, sudah dipastikan uang pecahan Rp75.000 aman dan sulit dipalsukan.

  1. Bisa dijadikan koleksi

Uang pecahan baru ini juga diburu oleh kolektor, selain menjadi uang pecahan edisi terbatas, desainnya yang unik dan cantik menambah kesan istimewa dari wajah uang kertas ini. Tak heran banyak kolektor yang menyerbu hanya untuk dijadikan koleksi.

  1. Satu KTP hanya satu lembar uang

Sebelum melakukan penukaran, masyakarat harus terlebih dahulu mengikuti jadwal pemesanan online melalui situs resmi Bank Indonesia setelah itu baru bisa melakukan penukaran dengan mengunjungi lokasi penukaran. Dijelaskan juga bahwa setiap KTP hanya diperbolehkan menukarkan satu lembar uang.

  1. Jadwal penukaran yang telah penuh

Jadwal penukaran yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia sudah hampir terisi penuh, dapat dipantau dari laman resmi Bank Indonesia bahwa begitu antusiasnya masyarakat.

Nah, hal tersebut merupakan beberapa hal menarik tentang uang pecahan baru Rp75.000. Bagi kalian yang berminat bisa mengunjungi situs resmi Bank Indonesia dan tetap waspada jika membeli uang pecahan baru melalui e-commerce. (MAI/DK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibom
betciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetcio