5 Tips Bangun Sahur Lebih Awal

Bagi umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. Dalam ajaran agama Islam, dianjurkan untuk melakukan sahur gunamemperlancar ibadah puasa selama satu hari tersebut. Terkadang sebagian orang merasa kesulitan untuk bangun sahur di bulan Ramadan. Terutama bagi orang yang sering begadang. Oleh karena itu, dilansir dari berbagai sumber,berikut merupakan tips agar dapat bangun sahur lebih awal:

1. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal dapat membantu dalam bangun sahur. Disarankan untuk tidur pukul 21.00, hindari begadang, dan begitu masuk kamar jauhkan diri dari handphone yang dapat membuat anda sulit tidur. Bukan hanya itu, tubuh akan terasa lebih bugar saat beraktifitas karena sudah beristirahat dengan cukup. Jika memang anda begadang dan merasa bisa bangun sahur tepat waktu, tubuh anda akan merasa lemas saat menjalankan aktifitas sehari-hari.

2. Pasang alarm

Pastikan untuk menyetel alarm sebelum tidur. Ada baiknya setel banyak alarm (berkali-kali) dan letakan alarm jauhdari jangkauan anda karena nantinya alarm tersebut akan merangsang diri untuk mematikan alarm.

Sumber foto: alodokter.com
3. Batasi minum kopi dan teh

Para ahli merekomendasikan untuk membatasi minum kopidan teh sebelum tidur. Kopi dan teh yang mengandung kafeina dapat membuat mata kita tetap terjaga sepanjang malam. Oleh karena itu, hindari minuman berkafeinasebelum tidur.

4. Hindari makan berlebihan

Berbukalah dengan makan secukupnya. Jangan terlalu banyak mengonsumsi semua makanan yang tersedia. Di saat perut anda kenyang, nantinya akan sulit untuk bangun sahur. Makan berlebihan akan membuat perut membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan. Hormon yang ada pada tubuh, yaitu serotine dan melatonin dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan berlebihan.

Sumber foto: Detikfood
5. Salat malam

Apabila anda terbangun sebelum alarm berbunyi dan waktu sahur, maka anda dapat melakukan salat malam. Segera ambil air wudu lalu tunaikan salat malam. Air wudu yang anda ambil dapat menghilangkan kantuk sehingga wajah akan terasa lebih segar. Sebaiknya tidak kembali ke tempat tidur setelah salat malam. Lebih baik menunggu sampai waktu sahur.

Nah, itulah tips untuk anda yang mungkin kesulitan bangun sahur. Ikuti tips ini agar anda bisa berpuasa dalam keadaan yang segar dan maksimal. (TS/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri