Cerita Sejarah Pahlawan Masyarakat

Saat mendengar peribahasa “Kecil jadi sahabat, besar jadi musuh” seperti menggambarkan api. Ketika skala yang dimiliki api kecil, ia dapat bermanfaat bagi orang sekitarnya, seperti digunakan untuk memasak, membuat api unggun, dan penerangan. Namun, ketika api memiliki skala yang besar, maka tidak menutup kemungkinan api dapat merugikan dan membahayakan orang-orang yang berada disekitarnya. Kalau kalian melihat api yang akan menghanguskan sebuah bangunan, maka langkah yang tepat adalah menelepon pemadam kebakaran dengan nomor tujuan 113 atau 1131 sehingga mereka akan datang untuk mencegah dan mengendalikan kebakaran. Pasukan pemadam kebakaran selalu berada di garda terdepan. Simak sejarah dari pahlawan masyarakat ini, yuk.
Pemadam Kebakaran telah dibentuk sejak Zaman Romawi tepatnya pada 300 tahun sebelum masehi (SM) di Roma. Familia Publica, nama sekelompok orang yang ditugaskan sebagai pemadam kebakaran serta penjaga malam yang diawasi oleh komite negara. Dibentuknya kelompok ini diawali dengan masyarakat di sana yang ingin mengetahui cara mengontrol dan mengendalikan api setelah mengalami kejadian yang buruk terhadap api.

Sumber gambar: Kronologi.id

Dalam buku yang berjudul Principles of Protection karya Arthur Cote, P.E dan Percy Bugbee dijelaskan, di zaman pemerintahan kaisar Agustus (Gaius Julius Caesar Octavianus), Roma menciptakan “Departemen Kebakaran” pada tahun 27 (SM) – 12 (M). Departemen ini pula yang mengatur warga negara menjadi pelayanan penjagaan, yang diberi nama Satuan Jaga.
Selain itu, untuk menjaga dan melindungi manusia dari kobaran api dibentuklah organisasi pemadam kebakaran yang pertama. Orang-orang ini terdiri dari Praefectus Vigilum, penanggung jawab Satuan Jaga; Siponarii, pengawas pompa; Quarstionarius, yang menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran dan yang terpenting adalah anggota satuan jaga. Mereka membuat regu yang masing-masingnya memiliki tugas, yakni membawa air ke dalam ember menuju lokasi kebakaran. Lalu, untuk mendukung saluran air maka mereka membangun pipa air yang mana akan membawa air ke seluruh kota.

Sumber gambar: Tirto.id

Itulah sejarah singkat dari terbentuknya pasukan pemadam kebakaran di dunia. Saat ini di semua negara pasti memiliki unit pemadam kebakaran masing-masing yang dilengkapi dengan teknologi modern, seperti pompa air dan tank oksigen sehingga pasukan pemadam kebakaran dapat meminimalisir dampak bencana kebakaran. Terima kasih pahlawan masyarakat! (HZ/NAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *