Gema Syiar 2021: FE UNJ Semangat Memeriahkan Ramadan di Tengah Pandemi

Dalam rangka menyambut HUT Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang ke-16, panitia Economics Expo 2021 bekerja sama dengan BSO AL-iqtishodi dan BSO KSEI Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, yaitu mempersembahkan acara Tablig Akbar Gema Syiar Economics Expo 2021. Acara tersebut diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan langsung pada channel youtube BSO AL IQTISHODI FE UNJ. Acara tersebut diadakan pada hari Sabtu, 1 Mei 2021 yang dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB dan mengusung tema “Semangat Ramadan dalam Merefleksikan Diri di Tengah Pandemi”. Meski acara tersebut diselenggarakan secara virtual, selama berlangsungnya acara tidak terdapat kendala apapun hingga akhir acara dan tidak kalah seru dengan acara offline sebelumnya.

Acara tersebut dimulai tepat pukul 09.13 WIB dengan pembukaan oleh MC, yaitu Febi Ferdianto Farhan. Acara diawali dengan kata sambutan kepada para tamu undangan lalu dilanjut dengan pembacaan susunan acara dan dengan mengucap bismillah acara tersebut resmi dibuka. Selanjutnya adalah pembacaan tadarus Quran serta doa khatmil Quran oleh Qori Internasional 2017, yaitu Nashoikhul Ibad yang merupakan alumni dari Fakultas Ekonomi UNJ dan pembacaan tadarus tersebut berlangsung secara khidmat.

 

Lalu, dilanjut dengan penyampaian laporan kegiatan oleh ketua pelaksana, yaitu Ibu Susan Febriantina. Pada pidatonya, beliau mengatakan bahwa acara ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan, yaitu yang pertama adalah tadarus Quran khusus internal Fakultas Ekonomi UNJ yang terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa FE UNJ dengan total peserta sebanyak 105 orang. Selanjutnya, Ibu Susan menyampaikan santunan anak yatim dan duafa dengan total donatur sebanyak 80 orang meliputi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan donatur eksternal. Total sumbangan hingga saat ini sebesar Rp46.561.100,00 Kegiatan ini bekerja sama dengan LAZ Zakat dan telah sukses dalam pendistribusiannya kepada 230 anak yatim dan duafa. Kegiatan puncaknya adalah tablig akbar yang diselenggarakan dini hari dengan total peserta yang hadir pada Zoom Meeting sebanyak 255 orang. Setelah pelaporan kegiatan, dilanjut dengan pemutaran video yang menampilkan kegiatan santunan anak yatim dan duafa oleh panitia.

Acara selanjutnya, yaitu sambutan oleh dekan fakultas ekonomi UNJ bapak Dr. Ari Saptono, SE. M.Pd. Beliau menyampaikan walaupun di tengah pandemi, kita perlu merefleksikan diri agar menambah iman dan ketakwaan kepada Allah Swt. dan beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia gema syiar yang telah antusias dalam mengadakan acara ini. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Muhammad Arja dan setelah itu terdapat pemutaran video tadarus Quran oleh panitia.

Saatnya tiba di acara inti, yaitu tablig akbar yang akan dipimpin oleh moderator dan sebelumnya MC membacakan terlebih dahulu daftar riwayat hidup dari Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. yang merupakan narasumber di acara tersebut. Sebelum narasumber menyampaikan ceramahnya, moderator juga terlebih dahulu memperkenalkan penceramah, yaitu Hj. Dr. Aam Amirudin, M.Si.

Saat dimulainya ceramah, beliau mengatakan bahwa cara merefleksikan diri kita adalah dengan mengintrospeksi melihat keadaan jasad kita, yaitu disiplin makan dan mengevaluasi akal karena akal akan membangun peradaban. Selanjutnya adalah evaluasi kalbu karena iman diterima oleh kalbu. Beliau juga mengingatkan bahwa harta yang kita miliki harus halal, bermanfaat, dan proporsional.

Setelah itu, MC langsung membuka sesi tanya jawab. Terdapat delapan pertanyaan yang dilontarkan kepada penceramah dilanjut dengan closing statement. Lalu, dilanjut dengan pembacaan kesimpulan dan salam penutup oleh moderator.

Setelah itu, di akhir acara terdapat sesi dokumentasi oleh panitia, yaitu Annisa Rizki Novianti dan dilanjut dengan penutupan acara dengan mengucap alhamdulillah dan doa majelis oleh MC.

“Acaranya sudah sangat baik karena merupakan salah satu pendekatan yang tepat khususnya bagi anak-anak muda. Lalu, materi ceramahnya juga dapat dipahami dan mudah dimengerti. Kedepannya pasti berharap agar acara ini tetap diselenggarakan supaya dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan serta jiwa islami bagi masyarakat FE UNJ,” ujar Frista Aryani Widodo prodi Administrasi Perkantoran 2018.

(TAN/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
marsbahis