Review Film “Ali & Ratu-Ratu Queens”: Makna Sebuah Keluarga

Film ini tayang perdana secara global di Netflix pada 17 Juni 2021. Disutradarai oleh Lucky Kuswandi dan ditulis oleh Gina S. Noer. Film “Ali & Ratu Ratu Queens” dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Marissa Anita, Happy Salma, Tika Penggabean, Asri Welas, Nirina Zubir, dan Aurora Ribero.

“Ali & Ratu Ratu Queens” berkisah tentang perjuangan Ali (Iqbaal Ramadhan) yang baru saja menjadi yatim dan sangat ingin bertemu dengan ibu kandunganya, Mia (Marissa Anita), yang dulu meninggalkannya sewaktu ia masih kecil dengan pergi ke New York. Di tengah perjalanan Ali mencari ibunya, ia bertemu dengan ratu-ratu Queens, yaitu empat imigran Indonesia yang tinggal di sebuah wilayah di kota New York bernama Queens. Bayu Skak, Cut Mini Theo, dan Ibnu Jamil pun turut bergabung dalam deretan pemain “Ali & Ratu-Ratu Queens”.

Ratu-ratu Queens yang membantu Ali untuk menemukan ibunya juga memiliki karakter dan kisah yang unik. Party (Nirina Zubir) adalah seorang cleaning service yang overprotective, Biyah (Asri Welas) seorang paparazzi, Ance (Tika Penggabean) seorang ibu tunggal yang tegas, serta Vhinta (Happy Salma) seorang tukang pijat dan penulis yang juga sedang mencari arti cinta. Perjalanan Ali semain seru ketika dirinya diajak menjelajahi New York bersama Eva (Aurora Ribero) untuk melihat seluk-beluk megapolitan ini. Pertemuan Ali dengan ratu-ratu Queens membuat ia menyadari ada banyak cara untuk menemukan arti keluarga.

Sumber gambar : hot.detik.com

Meski bercerita tentang hubungan antara anak dan ibu, film ini bisa dibilang sukses mengangkat isu yang cukup banyak dirasakan oleh kita semua. Salah satunya adalah tentang keluarga yang toksik, hingga bagaimana wajah dan arti keluarga yang sesungguhnya. Lewat film ini juga kita akan memahami bahwa yang namanya keluarga itu ternyata bisa terbentuk dari mana saja dan kapan saja. Perjumpaan Ali dengan Queens yang beranggotakan empat orang tadi secara tidak sengaja menjadikan mereka sebagai keluarga baru yang hubungannya bahkan lebih erat daripada keluarga Ali di Indonesia sendiri.

Overall, film ini cukup ringan untuk dipahami para penonton, ceritanya tidak bertele-tele, alurnya menarik, tidak membosankan, dan yang paling menyenangkan dari film ini adalah masing-masing dari setiap tokoh memiliki karakter yang kuat.

(JYH/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *