YUK, KENALI LIMA JENIS LOVE LANGUAGE AGAR HUBUNGANMU MAKIN HARMONIS!

Istilah love language tengah ramai menjadi perbincangan di kalangan muda terutama yang sedang merasakan jatuh cinta. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan love language itu? Love language atau bahasa cinta merupakan gaya seseorang dalam mendefisinisikan keinginannya dalam menerima rasa cinta dari orang lain. Dengan memahami bahasa cinta dari pasanganmu akan memudahkan kamu menyampaikan rasa cinta sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pasanganmu.

Konsep ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1992 dalam buku yang berjudul The Five Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate karya Dr. Gary Chapman. Chapman menuliskan bahwa setidaknya terdapat lima jenis love language seseorang dalam menerima rasa cinta. Yuk, simak kelima bahasa cinta tersebut!

  1. Words of Affirmation

Words of affirmation adalah jenis love language yang lebih menekankan pada dukungan secara verbal. Pemilik love language ini akan senang apabila diberikan kata-kata positif, apresiasi, pujian, ataupun semangat dari orang yang dicintainya. Apabila pasangan kamu yang memiliki love language ini maka kamu bisa mengungkapkan rasa cintamu dengan memberikannya kata-kata yang berkonotasi positif seperti mengatakan bahwa kamu mencintainya, kemudian katakan bahwa pasanganmu telah melakukan yang terbaik. Kamu juga bisa memberi dukungan kepada pasanganmu yang sedang memperjuangkan sesuatu dengan meyakinkan bahwa dirinya pasti akan berhasil. Dengan begitu, pasanganmu akan merasa dicintai dan diapresiasi. Words of affirmation ini juga tidak melulu disampaikan secara langsung, kamu bisa mengungkapkan rasa cintamu melalui pesan singkat, telepon, ataupun dengan menuliskannya surat.

  1. Quality Time
Sumber gambar: Pinterest

Bagi kamu yang senang menghabiskan waktu berdua bersama dengan pasangamu, mungkin jenis bahasa cintamu adalah quality time. Namun, bagi pemilik jenis love language ini bukan seberapa banyak waktu yang dihabiskan bersama, melainkan waktu yang dihabiskan haruslah berkualitas. Maksudnya adalah saat bersama dengan pasanganmu, hindarilah hal-hal lain yang tidak terlalu penting. Fokuslah pada pasanganmu dengan menaruh gawai dan melakukan kontak mata ketika sedang berbicara karena komunikasi adalah hal yang sangat krusial untuk jenis love language ini. Luangkanlah waktu untuk memberikan perhatian satu sama lain dengan pasanganmu agar pasangan kamu merasa nyaman. Eitss, tapi perlu diingat bahwa kebersamaan yang penting tidak melulu tentang pertemuan secara fisik yaa!

  1. Physical Touch

Sentuhan fisik merupakan hal penting bagi bahasa cinta yang satu ini. Terkadang ketika pasangannya memberikan kata-kata yang manis, ia akan terlihat biasa saja. Akan tetapi, sentuhan lembut dari pasangannya akan membuat pemilik love language ini merasa nyaman. Physical touch juga tidak serta merta mengarah ke hal yang negaitif, melainkan dengan kontak fisik seperti bergandengan tangan ataupun mengelus kepala pasangan akan membuatnya merasa dicintai. Kebanyakan orang dengan bahasa cinta ini akan sulit menjalin hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) karena ia membutuhkan pasangannya untuk selalu berada di dekatnya.

  1. Act of Service

Kalau sebelumnya love language words of affirmation menekankan pada ucapan verbal, bahasa cinta yang satu ini lebih menitikberatkan pada aksi nyata dan tindakan secara langsung. Kalau bahasa cinta dari pasanganmu adalah act of service maka bisa dibilang kamu harus siap menjadi pacar yang selalu siap siaga membantu pasanganmu karena mereka akan merasa senang apabila kamu meringankan beban yang ditanggungnya. Tidak perlu hal besar, tindakan kecil seperti membuatkan sarapan atau membukakan pintu untuknya sudah membuat pasanganmu merasa dihargai dan dicintai.

  1. Receiving Gifts
Sumber gambar: Pinterest

Bahasa cinta yang terakhir menggambarkan simbol rasa cintanya dengan memberi atau menerima hadiah dari pasangannya. Namun, jika pasanganmu adalah salah satu yang memiliki love language ini, bukan berarti pasanganmu materialistis, lho!. Bagi mereka yang terpenting bukanlah benda atau nominalnya, tetapi usaha dan perhatian dari sang pemberi. Sekecil apapun hadiah yang diberikan, mereka akan sangat menghargai usaha dari pasangannya apalagi kalau hadiah tersebut dibuat khusus untuk dirinya.

Nah, itulah kelima jenis love language yang perlu kamu ketahui. Setiap orang tentu memiliki salah satu dari kelima love language yang paling menonjol. Untuk itu kamu perlu mengenal lebih dalam mengenai love language kamu dan juga pasanganmu agar lebih memahami satu sama lain. Apabila kamu dan pasanganmu memiliki love language yang berbeda maka perlu untuk saling menghargai dan juga mengomunikasian sehingga hubungan kalian tetap harmonis ya! Jadi, yang mana nih love language kamu dan pasanganmu?

(TD/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri