Sumber: wowkeren.com

CLOSING CEREMONY OLIMPIADE TOKYO 2020

Olimpiade Tokyo 2020 resmi sudah resmi berakhir dengan adanya closing ceremony yang diadakan pada tanggal 8 Agustus 2021 di Stadion Olimpiade Tokyo pada pukul 18.00 hingga 21.00. Beberapa media yang menyiarkan closing ceremony Olimpiade Tokyo antara lain adalah adalah TVRI, ChampionsTV, dan Video.com.

Acara closing ceremony Olimpiade Tokyo diawali dengan parade para atlet negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020, lalu dilanjutkan dengan pertunjukan musik yang meriah. Walaupun diadakan di tengah pandemi kemeriahan acara tetap dapat dirasakan.

Pada awal acara seluruh lampu stadion dimatikan dan hanya memperlihatkan lampu-lampu yang bersumber dari telepon genggam milik para atlet di tengah lapangan, dan lampu-lampu itu juga seakan-akan bergerak membentuk tiga dimensi yang bergelombang hingga akhirnya lampu-lampu tersebut membentuk lambang khas Olimpiade Tokyo 2020 yaitu lambang lima cincin.

Lambang lima cincin tersebut memiliki arti semangat individu, cinta kasih dan harapan yang kembali terang walaupun dilaksanakan di tengah ketidakpastian pandemi saat ini. Selain itu, lambang lima cincin tersebut ditampilkan sebagai simpati bagi para pendukung Olimpiade Tokyo 2021 yang tidak dapat hadir langsung pada acara kali ini.

Setelah acara penampilan lampu tersebut, acara selanjutnya adalah ada penampilan dari band lokal asal Jepang yakni Ska Paradise Orchestra yang diiringi dengan pertunjukan tarian dan juggling bola serta ada pula atraksi freestyle  sepeda dari para pengisi acara.

Tidak hanya sampai disitu, pertunjukan selanjutnya ada dari salah satu disjoki terbaik di dunia yang berasal dari Jepang yakni DJ Matsunaga. Kali ini diiringi oleh tarian modern yang kompak oleh para pengisi acara.

Setelah pertunjukkan tersebut berakhir sebanyak 205 negara peserta masih mengelilingi panggung tengah yang dipimpin oleh bendera Jepang selaku negara pendiri Olimpiade. Berbeda dengan opening ceremony, parade bendera pada closing ceremony dilakukan langsung masuk ke tengah lapangan dengan masing-masing negara diwakilkan oleh masing-masing satu membawa bendera.

Sesuai dengan temanya Unity in Diversity, pada closing ceremony ini para atlet dibebaskan untuk membaur dan memilih tempat di lapangan dengan atlet-atlet negara lain yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020.

(SEF/AWS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio