Yuk Lebih Dekat dengan Self Healing

Foto dari: tanyapsikologi.id

Tahukah kamu apa itu self healing? Dikutip dari laman qubisa.com menyatakan bahwa self healing merupakan sebuah proses penyembuhan luka batin atau mental yang dilakukan secara mandiri. Luka batin ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, trauma masa kecil, kegagalan yang mengecewakan, dan cemas terhadap sesuatu.

Menurut ilmu psikologi, self healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami dan memulihkan diri dari luka batin. Tujuan dari self healing, yaitu untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi.

Oleh karena itu, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan diri melalui metode self healing secara mandiri:

  1. Menerima diri sendiri

Memahami diri sendiri, menerima imperfeksi diri, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Ketika berhasil melakukan self healing maka kita akan menjadi pribadi yang lebih tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, dan trauma di masa lalu.

  1. Jangan menyerah

Mimpi yang besar sangat membutuhkan waktu agar bisa menjadi kenyataan. Dengan adanya usaha, doa, dan keinginan yang kuat, kemungkinan tersebut pasti akan menjadi nyata. Namun, sering kali kita sudah menyerah dahulu sebelum mimpi itu menjadi kenyataan. Kemudian, timbul kekecewaan dan penyesalan terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, pentingnya melakukan self healing agar dapat menghargai tujuan, impian, dan hasrat. Habiskan waktu beserta energi yang dimiliki untuk meraih mimpi tersebut.

  1. Berolahraga secara rutin

Bukan rahasia umum lagi kalau olahraga itu dapat membuat badan tetap sehat dan kuat, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu untuk lebih cepat pulih dari luka batin. Mungkin akan sulit memotivasi diri sendiri untuk berolahraga terutama jika sedang merasa lelah atau mood yang kurang baik. Namun, faktanya berolahraga setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki suasana hati.

  1. Tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu proses dari self healing. Tidur dapat menjadi pertahanan alami tubuh sehingga sangat penting untuk tidur yang cukup, yaitu 7-9 jam setiap malam ketika melakukan self healing. Tidur di waktu yang sama setiap malam dapat membuat tidur lebih cepat dan memperbaiki suasana hati karena tubuh dapat terbiasa dengan rutinitas tidur yang baik.

Itulah beberapa cara dari sekian banyaknya yang dapat dilakukan untuk melakukan self-healing. Cara setiap orang dalam memilih cara self healing mungkin berbeda-beda, yang menjadikan keberhasilannya tergantung pada seberapa besar motivasi yang dimiliki.

(AR/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri