Sumber: idntime.com

Langkah Jitu Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Sumber: klikdokter.com

Tidur merupakan kebutuhan utama bagi semua orang. Tidur sangat penting untuk sel, organ, dan jaringan tubuh agar bekerja secara normal. Setelah berkegiatan selama satu hari penuh, seringkali kita mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Meskipun tubuh sudah terasa lelah, tetapi mata seolah sulit terpejam sehingga hanya dapat tidur kurang dari 6-7 jam per hari. Hal ini sudah menjadi kebiasaan buruk bagi setiap orang. Kualitas tidur yang buruk dapat menurunkan tingkat produktivitas karena tubuh merasa kelelahan. Turunnya produktivitas ini nantinya akan disertai dengan menurun nya konsentrasi, suasana hati yang buruk, serta tekanan darah tinggi. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, di antaranya sakit kepala, diabetes, dan gangguan pencernaan.

Kualitas tidur merupakan suatu keadaan di mana saat seseorang terbangun dari tidurnya dapat merasakan suatu kebugaran. Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan. Oleh sebab itu, sangat perlu untuk kita dalam menjaga kualitas tidur sebaik mungkin. Namun, bagaimana cara agar mendapatkan tidur yang berkualitas? Berikut penjelasannya.

  1. Perhatikan konsumsi makan dan minum sebelum tidur

Biasakan untuk tidak tidur dalam keadaan sedang lapar. Hal ini akan menyebabkan tidur menjadi kurang nyaman, dan kita bisa terbangun di tengah malam karena lapar. Kemudian, jangan makan mendekati waktu tidur karena bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi panas di dada (heartburn) yang mengganggu tidur. Sebaiknya, makanlah 4 jam sebelum tidur dan batasi juga konsumsi air sebelum tidur.

  1. Buat kondisi kamar senyaman mungkin

Kita pasti akan tidur lebih nyaman di lingkungan yang membuat nyaman. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu agar tidur dengan nyenyak. Dengan membuat kamar menjadi gelap, dapat memberikan sinyal ke otak bahwa ini waktunya tidur.

  1. Buat kebiasaan sebelum tidur

Kualitas tidur yang baik bisa diraih dengan menerapkan kebiasaan tertentu sebelum tidur. Hal ini memudahkan tubuh dalam melakukan transisi dari periode bangun sampai waktunya tertidur. Kita bisa melakukan hal-hal yang membuat santai sebelum tidur, seperti mandi, membaca buku, atau mendengarkan musik. Hindari stres atau aktivitas yang melelahkan, seperti bekerja atau membahas masalah yang dapat memicu emosi.

  1. Buat jadwal tidur yang rutin

Untuk menjaga kualitas tidur agar tetap baik, yakni tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya termasuk hari libur. Tujuannya untuk mengatur kembali jam biologis tubuh sehingga tubuh dengan sendirinya mengetahui kapan seharusnya tidur dan bangun.

Sumber: lifetreemfg.com
  1. Lakukan olahraga teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Olahraga teratur dapat membantu kita lebih cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak. Namun, perhatikan juga waktu olahraganya. Lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur atau lakukan olahraga pada pagi hari.

KAN/TAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio