Fakultas Ekonomi Membawa Pulang Dua Kemenangan Pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UNJ Tahun 2022

Sumber : https://www.instagram.com/mawapresunj/

Universitas Negeri Jakarta telah mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) pada tanggal 23-24 Maret 2022. Selain dihadiri para pimpinan Universitas Negeri Jakarta, acara ini dihadiri juga oleh tujuh orang lainnya selaku juri. Ketujuh juri ini terbagi ke dalam penilaian gagasan kreatif dan produk inovatif, dan penilaian assessment of english public speaking proficiency.

Acara ini merupakan rangkaian ketiga dari dua rangkaian acara sebelumnya. Rangkaian  pertama adalah Seleksi Portofolio Capaian Unggulan, IPK, Kemampuan Berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis, dan kepribadian. Lalu pada rangkaian kedua, semua peserta akan kembali ke fakultas masing-masing untuk dievaluasi gagasan kreatif dan produk inovatifnya supaya terseleksi dua hingga tiga perwakilan per fakultas agar dapat maju ke tingkat universitas.

Fakultas Ekonomi mengirimkan tiga mahasiswa terbaiknya sebagai perwakilan untuk mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi ini. Tiga mahasiswa tersebut adalah Dimas Cahya Ramadhan dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi 2020, Hasyim Rachman dari Program Studi D3 Akuntansi 2020,  dan Nadia Annisa Putri dari S1 Pendidikan Akuntansi 2019. Ketiga mahasiswa ini bersaing secara suportif dengan 16 finalis lainnya.

Mendekati akhir acara, diumumkan nama pemenang Mahasiswa Berprestasi UNJ 2022 oleh Aam Amaningsih J., Ph.D. selaku juri pada acara pemilihan mahasiswa berprestasi kali ini. Fakultas Ekonomi meraih penghargaan Juara 1 Sarjana yang diperoleh Dimas Cahya Ramadhan dan Mawapres Terfavorit yang diperoleh Nadia Annisa Putri. Hal ini tentunya sangat membanggakan bagi Fakultas Ekonomi karena berhasil mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi tingkat universitas.

Sumber : https://www.unj.ac.id/

Di balik kesuksesannya, ternyata ada motivasi turun-temurun yang diwariskan oleh para Mawapres dari tahun-tahun sebelumnya. “Salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah membuat orang lain ikut termotivasi untuk menjadi Mawapres. Seperti yang saya alami, saya termotivasi oleh Kak Raka (Mawapres 2017), Kak Agus (Mawapres 2018), dan Kak Afidah (Mawapres 2020),” ucap Dimas. Bila hal ini diteruskan, tentunya akan lebih banyak mahasiswa yang berprestasi baik dari Fakultas Ekonomi maupun Universitas Negeri Jakarta.

Dalam membagi waktu antara kegiatan Mawapres dengan kegiatan kuliah tentunya akan banyak menemui kendala. “Jangan menunda-nunda pekerjaan, biasanya aku buat notes apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu,” ucap Nadia selaku peraih nominasi Mawapres Terfavorit. Hal ini menjadi pengingat untuk kita agar memaksimalkan waktu yang kita miliki, bukan malah membuang waktu yang ada secara sia-sia. “Menunda pekerjaan akan membuat pekerjaan lain jadi berantakan, jadi jangan dijadikan kebiasaan,” tambahnya.

Selamat dan sukses untuk para pemenang Pilmapres UNJ 2022. Semoga dapat mengharumkan nama baik Universitas Negeri Jakarta dengan menorehkan prestasi-prestasi berikutnya di kancah nasional maupun internasional.

(YI / RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *