APA ITU BAKTERI SALMONELA YANG MEMBUAT PRODUK COKELAT KINDER AKAN DITARIK SEMENTARA OLEH BPOM?

sumber foto : bicaraberita

Jakarta – Produk cokelat Kinder mendadak ramai diperbincangkan khalayak ramai, diduga mengandung bakteri bernama salmonela. Bermula dari Inggris yang langsung melakukan penarikan peredaran. Akhirnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyusul kebijakan negara lain dengan menghentikan sementara peredaran produk cokelat dari merek Kinder. Mengutip dari Kompas.com, BPOM mengatakan langkah yang dilakukan guna mengutamakan prinsip kehati-hatian, walaupun cokelat merek Kinder yang ditarik di negara-negara Eropa tidak sama dengan cokelat merek Kinder yang ada dalam daftar BPOM RI.

Produk merek Kinder yang terdata dalam BPOM RI berasal dari India dengan varian produk, yaitu Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls yang diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.

Mengutip dari Kompas.com pada Senin (11/4/2022) bahwa BPOM akan menarik peredaran produk merek Kinder sementara waktu, sampai dapat dipastikan produk tidak mengandung bakteri salmonela.

Mengutip dari Halodoc, bakteri salmonela sendiri merupakan suatu infeksi bakteri yang menyerang saluran usus. Dengan istilah penyakit yang dikenal, yaitu Salmonellois. Sebetulnya, bakteri ini merupakan penyakit yang umum terjadi dan dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri salmonela. Penyakit ini sangat terikat pada kondisi kehigienisan perorangan serta lingkungan.

Salmonellosis dapat terjadi dari makanan serta minuman yang tercemar, kemudian masuk melalui saluran cerna dan menginfeksi usus yang dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit pencernaan. Gejala dapat timbul 8 sampai 72 jam setelah bakteri masuk dan menginfeksi usus. Umumnya, gejala ini dapat terjadi antara 4 sampai 7 hari.

Berikut gejala yang dapat terjadi apabila orang terinfeksi bakteri salmonela, yaitu:

  • Diare;
  • Mual dan muntah;
  • Demam dan menggigil;
  • Keram perut;
  • Sakit kepala; dan
  • Terdapat darah dalam tinja.

Lalu, bagaimana langkah mencegah bakteri salmonela masuk ke dalam tubuh? Yaps, cara mudah ini dapat mulai kita terapkan dengan rajin mencuci bersih segala bahan makanan dan alat makan kita dengan air mengalir, memasak makanan dan air minum hingga benar-benar matang, dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setiap sehabis melakukan aktivitas. Itulah alasan kenapa BPOM RI melakukan penarikan sementara produk cokelat merek Kinder agar senantiasa kita terhindar dari bakteri salmonela. (MAI/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *