Kenapa Introvert dan Pemalu Sering Dianggap Sama?

sumber : keepo.me

Apakah kamu termasuk orang yang bingung, sebenarnya kamu pemalu atau introver? Kamu tidak sendiri, lho, banyak di luar sana orang menganggap dirinya introver yang sebenarnya pemalu. Benarkah introver dan pemalu sama? Lalu, apa perbedaannya?

1.     Beda dalam segi definisi

Keduanya memiliki definisi yang berbeda. Pemalu memiliki definisi, yaitu suatu bentuk sifat kecemasan sosial yang mengganggu dalam berintegrasi ke dalam situasi social. Orang-orang pemalu cenderung cepat cemas, memiliki self-esteem atau penghargaan diri rendah, menganggap jaringan persahabatan dan jejaring sosial kurang menguntungkan, serta tidak memuaskan.

Di lain sisi, introver memiliki definisi sebagai tipe kepribadian ketika seseorang lebih berfokus pada pikiran dan perasaan diri sendiri. Introver juga mendapatkan energi dengan menghabiskan waktu menyendiri setelah berhubungan dengan banyak orang.

2.     Beda dalam memulai percakapan

Orang yang introver biasanya dapat memulai percakapan kepada orang lain, tetapi mereka jarang melakukannya. Lalu, orang yang pemalu sering menunggu orang lain untuk mendekati dan berbicara dengan mereka terlebih dahulu.

3.     Bedanya tingkah laku yang diberikan

Orang-orang yang introver cenderung menyukai kondisi yang tenang, hening, ataupun sepi jika mereka sedang berada di keramaian ataupun ketika bersama orang yang sudah mereka kenal tetap akan selalu membuat mereka tidak nyaman. Kerumunan dan keramaian bukanlah tempat bagi orang-orang introver.

Di lain sisi, orang yang pemalu mungkin tidak nyaman berada di keramaian. Namun, kondisi tersebut tidak terlalu mengganggu dan menjadi masalah selama tidak menjadi pusat perhatian.

Memang sangat mirip, tetapi introver cenderung menghindari bersosialisasi, sangat berbeda dengan merasa malu di sekitar orang banyak atau di depan banyak orang. Orang pemalu juga tidak masalah bersosialisasi, meski jarang memulai percakapan.

4. Perbedaan dalam public speaking

sumber foto : milenialis.id

Biasanya orang yang introver bisa percaya diri saat berinteraksi dengan banyak orang. Sementara itu, orang yang pemalu biasanya akan langsung gelisah dan merasa cemas jika disuruh public speaking karena mengharuskan mereka mejadi pusat perhatian.

(AZA/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri