Sumber: /instagram.com/@timindonesiaofficial

INDONESIA PATUT BANGGA, PEMUDA ASAL BANTEN PECAHKAN REKOR DUNIA

Dilansir dari Liputan6.com, Indonesia kembali mendapat kabar baik dari Kejuaran Angkat Besi Junior 2022 atau IWF Junior World Championship yang berlangsung di Heraklion, Yunani. Pada Jumat, 6 Mei 2022, dini hari WIB, lifter Rizki Juniansyah sukses menjadi juara dunia junior kelas 73 kg.

Pria kelahiran Banten, 17 Juni 2003 ini berhasil pecahkan rekor dunia kelas 73 kg. Setelah sebelumnya kemenangan dari Windy Cantika yang berhasil menjadi juara dunia junior dengan meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior atau IWF World Junior Championship (WJC) 2022 di Yunani, pada Selasa, 3 Mei 2022. Rizky Juniansyah juga berhasil mempertajam rekor dunia pada angkatan snatch dari 155 kg menjadi 156 kg di Heraklion, Yunani. Pada angkatan clean and jerk, Rizky mengungguli lawan-lawannya dengan angkatan tertinggi 185 kg sehingga total angkatan menjadi 341 kg. Dari hasil ini Rizky berhasil meraih 3 medali emas diajang ini.

Sebelumnya karena telah berhasil memecahkan rekor dunia pada snatch, Rizky dan tim pelatih Indonesia, yaitu Dirdja Wihardja memilih untuk tidak mengambil kesempatan ketiga. Ia lebih memilih untuk beristirahat dan menyimpan tenaga untuk angkatan kategori clean and jerk, walaupun pada akhirnya Rizky gagal pada 3 kali kesempatan dalam melakukan clean and jerk.

Sumber: jawapos.com

Walaupun demikian, Rizky telah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyumbangkan 3 medali emas dan memecahkan rekor dunia.

          Dengan demikian, medali perak kelas 73 kg diraih lifter asal Kazakhstan, Alexey Churkin, dan  medali perunggu menjadi milik lifter Amerika Serikat, Henry Ryan Grimsland.

“Saya memang hanya menaikkan satu kilo saja karena saya tidak mau terlalu ‘ngoyo’, mengingat jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia,” ujar Rizky, terkait keberhasilannya memecahkan rekor dunia, dalam keterangan resmi PB PABSI, pada Jumat 6 Mei 2022. (ANN/SEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri