Indonesia Punya Fasilitas Pembelajaran Mobil Listrik di Karawang

Sumber foto: Liputan6

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, meresmikan fasilitas pembelajaran mobil listrik pertama di Indonesia milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yaitu xEV Center di Karawang, Jawa Barat, pada hari Kamis (19/5/2022).

“Di tengah upaya pemerintah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, pembangunan xEV Center oleh TMMIN, berperan penting dalam mendidik dan menginspirasi masyarakat,” tutur Agus Gumiwang Kartasasmita.

Direktur Jendral Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, mengapresiasi pembangunan xEV Center ini karena memiliki manfaat penting untuk menambah pengetahuan masyarakat dalam pengembangan teknologi kendaraan ramah lingkungan di tanah air.

“Kami berharap Toyota xEV Center dapat menjadi katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” ujar Kemenperin Agus.

Presiden Joko Widodo, juga telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang akan menurunkan emisi karbon sebesar 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2030. Seluruh elemen masyarakat, diharapkan dapat berkontribusi untuk meminimalisasi emisi dengan menggunakan jenis kendaraan elektrifikasi yang beragam.

Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, mengatakan, xEV Center merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi positif triple helix antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif.

“Kami mendukung penuh pemerintah dalam upaya berkelanjutan dalam mencapai target Netralitas Karbon, karenanya xEV Center kami kembangkan sebagai bagian dari ekosistem era elektrifikasi melalui advokasi publik mengenai ragam pilihan dan teknologi elektrifikasi,” ucap Warih.

Toyota percaya mencapai Netralitas Karbon harus ada solusi praktis dan berkelanjutan melalui berbagai pilihan teknologi (multi pathway), seperti kendaraan dengan efisiensi bahan bakar tinggi, Flexi Engine (bio-fuel), HEV, PHEV, BEV, dan FCEV yang berbahan bakar hidrogren yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia.

Toyota xEV Center didirikan di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 meter persegi. Proses pembangunan fase pertama fasilitas tersebut berlangsung sejak Juli 2020 lalu. Bentuk arsitektur xEV Center dengan pola Triangle Shape terinspirasi dari kolaborasi triple helix. Huruf x di depan EV sebagai kepanjangan elektrifikasi merupakan wujud ragam teknologi elektrifikasi yang sudah ada. Huruf x menunjukkan fleksibilitas kendaraan elektrifikasi sehingga dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi baik, seperti hybrid, battery, plug in, dan juga fuell cell sehingga xEV Center dapat mendukung advokasi publik dengan ragam informasi teknologi elektrifikasi.

Sementara ini, xEV Center bisa disambangi oleh lembaga pendidikan dan pemerintah. Namun, ke depannya fasilitas ini dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat umum. Kehadiran xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia. (FH/SEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri