Jokowi Membolehkan Lepas Masker di Ruang Terbuka

Sumber foto: health.detik.com

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo memberitahukan adanya pelonggaran penggunaan masker bagi warga Indonesia dengan mempertimbangkan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin terkendali. Presiden Joko Widodo mengatakan “Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.” Namun, untuk kegiatan di dalam ruangan tetap harus menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

Sementara itu, bagi masyarakat yang termasuk dalam kategori rentan, lansia, atau memiliki komorbid (penyakit penyerta), Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas, begitu juga masyarakat yang mengalami gejala batu dan pilek. Dengan memperhatikan kondisi saat ini, penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia semakin terkendali. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

Selama dua tahun terakhir pandemi COVID-19, penggunaan masker adalah salah satu protokol kesehatan wajib guna mencegah penularan virus korona di Indonesia. Kewajiban menggunakan masker dilaksanakan pemerintah pusat sejak awal April 2020 silam berdasarkan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Saat ini, pemerintah mulai mempersiapkan skenario penanganan COVID-19 di Indonesia dari pandemik menjadi endemik. Salah satunya adalah mengizinkan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 setelah dua tahun sebelumnya dibatasi dengan catatan sudah melakukan vaksin booster.

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia bertambah sebanyak 182 kasus, sehingga total kasus virus korona di negara kita menjadi 6.050.776. Meski tren kasus COVID-19 terus membaik, hingga kini status wabah COVID-19 masih berada di pandemi. Pasalnya, hanya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berwenang mencabut status tersebut atau menyatakan sejumlah wilayah memasuki fase endemik. Dengan adanya imbauan tersebut, kita juga diharuskan untuk selalu waspada karena wabah COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari Indonesia. Jangan lupa untuk tetap selalu mencuci tangan dan melakukan vaksin booster untuk mencegah tubuh kita dari virus COVID-19. (AN/REI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *