Kilas Balik Kemenangan Tim Renang Indonesia di SEA Games 2021, Raih Medali Emas!

Sumber foto: Kompas.com

Tim renang Indonesia berhasil kembali catatkan prestasi yang gemilang dan meraih medali emas pertamanya pada SEA Games Vietnam 2021 di Aquatic Sports Palace, National Sports Complex My Dinh, Hanoi, Vietnam. Tim renang Indonesia menjadi juara dan mempersembahkan medali emas bagi Merah Putih dan menambah koleksi emas Indonesia menjadi 59 keping. Emas pertama Indonesia dari cabang renang pada nomor 50m gaya punggung putri dipersembahkan oleh Masniari Wolf.

Selain itu, berlomba di nomor renang sirip surface 4×200 meter putri dengan menorehkan waktu total 6 menit 21,080 detik, Tim Indonesia yang terdiri dari Katherina Eda Rahayu, Ashifa Helsa Ashuroh, Vania Elvira Elent Rahmadani, Andhini Muthia Maulida, dan Janis Rosalita Suprianto, sukses menjadi pemenang dan mengalahkan tim Vietnam yang mendapatkan medali perak serta tim Thailand yang mendapatkan medali perunggu.

Medali juga diperoleh dari nomor renang sirip surface 4×200 meter putra dan memperoleh medali perak, dengan waktu total 6 menit 3,300 detik, sedangkan medali emas menjadi milik Tim Vietnam dan perunggu yang menjadi milik tim Kamboja.

“Pemberitahuan nomor renang sirip masuk SEA Games 2021 sangat mendadak. Kami baru mengetahui informasinya pada Januari 2022. Setelah mendapat kabar, kami langsung mengadakan seleknas,” kata M. Riyad.

“Kami kemudian melaksanakan pelatnas di Jakarta mulai 20 Maret 2022 di Jakarta sampai keberangkatan ke Vietnam,” tutur M. Riyad menambahkan.

Medali emas juga diperoleh dari nomor 100 meter sirip ganda putra, Harvey Hubert Marcello Hutasuhut. Lalu, disusul oleh Andityo Panigoro yang merebut medali perunggu.

Sementara itu, di nomor 100 meter surface putri, Indonesia juga memperoleh medali dari Janis Rosalita Suprianto yang berhasil menempati posisi kedua dan berhak merebut medali perak.

Alhasil, Indonesia kini sudah meraih total 213 medali. Rinciannya, kontingen Merah Putih sudah meraih 59 medali emas, 79 perak, dan 75 perunggu. Indonesia semakin menjauh dari Singapura di posisi keempat yang meraih 207 medali, dengan rincian 47 emas, 65 perak, dan 95 perunggu. Serta Filipina pada posisi kelima dengan rincian perolehan medali 47 emas, 44 perak, dan 71 perunggu.

“Target kami di SEA Games 2021 adalah meraih tiga medali emas. Semoga kami bisa menambah medali emas lagi agar Indonesia Raya bisa berkumandang di Vietnam,” ujar M. Riyad menambahkan.

Semangat selalu dan terima kasih untuk kontingen Merah Putih. Semoga dapat kembali meraih prestasi yang membanggakan untuk Indonesia. (EO/SYA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *