RUMAH AMAN SAAT BEPERGIAN JAUH? PERHATIKAN TIPS INI!

Sumber foto: tiket.com

Meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang tidak sebentar menimbulkan perasaan waswas. Rumah yang kosong selama beberapa hari akan memicu potensi tindak kejahatan, seperti perampokan atau pencurian. Selain tindak kejahatan, rumah yang belum dicek keamanannya untuk ditinggal dapat mengakibatkan keadaan yang tidak mengenakkan. Nah, agar rumah aman saat ditinggal mudik Lebaran, perhatikan tips berikut ini:

  1. Kunci dan pintu jendela rumah;
  2. Menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah;
  3. Cabut barang elektronik dari stopkontak;
  4. Tidak meninggalkan barang berharga;
  5. Memasang kamera pengawas;
  6. Memasang detektor di pintu dan jendela;
  7. Melepas regulator gas;
  8. Titipkan barang-barang berharga pada tempat yang aman untuk menghindari potensi kemalingan;
  9. Titipkan rumah ke orang yang dipercaya dan laporkan kepergian mudik kepada RT/RW setempat;
  10. Kosongkan dan tutup bak penampungan air untuk mencegah bersarangnya sumber-sumber penyakit.

Tips ini dapat dilakukan masyarakat untuk menghindari potensi tindak kejahatan dan keadaan yang tidak mengenakkan saat hendak meninggalkan rumah dalam beberapa hari. Selain tips-tips di atas, Anda juga dapat menggunakan lampu otomatis yang akan menyala pada malam hari. Hal ini juga dapat mengurangi tindak kejahatan.

Anda tidak perlu cemas selama meninggalkan rumah dengan waktu yang cukup lama apabila sudah melakukan tips-tips di atas. Namun, akan lebih baik lagi jika rumah dititipkan kepada orang yang dipercaya.

Demikian, itu beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik. Sekali lagi, sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan Anda sudah mengamankan seluruh bagian rumah dan memasang alarm, serta alat pemantau untuk mencegah pencurian. Semoga bermanfaat dan selamat Lebaran! Mohon maaf lahir dan batin. (JYH/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *