ASIAN GAMES 2022 RESMI DITUNDA! PANDEMI PENYEBABNYA?

Sumber foto: hangzhou2022.cn

Asian Games merupakan pesta olahraga se-Asia yang diikuti oleh atlet-atlet dari seluruh negara yang tergabung dalam Asia. Ajang olahraga tersebut diselenggarakan oleh Dewan Olimpiade Asia setiap empat tahun sekali. Di tahun ini, Asian Games 2022 dijadwalkan akan berlangsung pada September 2022 di kota Hangzhou, China.

Mengutip dari laman resmi Olympic Council of Asia (OCA), penyelenggaraan Asian Games 2022 resmi ditunda hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Pihak penyelenggara maupun Olympic Council of Asia (OCA) tidak membeberkan alasan secara resmi mengenai alasan penundaan tersebut, tetapi dapat dipastikan bahwa penundaan Asian Games 2022 terjadi karena mewabahnya kembali virus COVID-19 di negeri tirai bambu tersebut, tepatnya di kota Shanghai. Kota Hangzhou terletak  dekat dengan kota Shanghai yang hanya berjarak 200 kilometer sehingga memungkinkan terjadinya penundaan pada penyelenggaraan Asian Games di tahun ini. Shanghai merupakan kota episentrum wabah COVID-19 terbesar sejak awal virus tersebut ditemukan. Lonjakan kasus COVID-19 mengakibatkan kota Shanghai, China mengalami lockdown dalam kurun waktu yang lama. Keputusan mengenai penundaan penyelenggaraan Asian Games merupakan langkah yang baik karena mempertimbangkan situasi pandemi serta risiko selama berjalannya olimpiade. Hingga saat ini, penundaan penyelenggaraan Asian Games edisi ke-19 pada tahun ini masih menunggu keputusan finalnya.

Di samping itu, pihak penyelenggara Asian Games Hangzhou menyatakan bahwa kota Hangzhou, telah menyelesaikan sekitar 56 gelanggang kompetisi yang didirikan untuk memfasilitasi olimpiade Asian Games dan Asian Para Games edisi ke-19.  Pembangunan tersebut telah diselesaikan pada awal April 2022. Jika melihat ke belakang, tahun ini merupakan kali ketiga bagi negara China menjadi tuan rumah pada pesta olahraga Asian Games. Penyelenggaraan Asian Games terdahulu di negeri China di antaranya Asian Games 1990 yang dilangsungkan  di kota Beijing dan Asian Games 2010 yang dilangsungkan di Guangzhou.

Berdasarkan informasi yang beredar, Asian Games 2022 akan digelar pada tahun 2023 mendatang. Namun, Olympic Council of Asia (OCA) masih belum memberikan informasi resmi kapan pelaksanaan Asian Games edisi ke-19. Selain ajang olahraga Asian Games 2022, China juga menunda atau membatalkan sebagian besar acara olahraga internasional sejak awal pandemi, dengan pengecualian Olimpiade Musim Dingin yang diselenggarakan pada Februari lalu di kota Beijing. (HF/SYA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri