Resmi Pensiun Dari Arena Bulutangkis, Greysia Polii Akan Fokus Bangun Keluarga

Sumber : seputartangsel.pikiran-rakyat.com

Greysia Polii secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain bulu tangkis profesional pada konferensi pers di Jakarta pada Jumat, 6 Maret 2022. Ia memutuskan untuk mengakhiri kariernya yang sudah berusia 19 tahun. Juara Olimpiade Tokyo 2020 itu, mengaku sangat sedih ketika rekan-rekan bulu tangkis dari negara lain, seperti Thailand dan Korea Selatan mengetahui dirinya pensiun. Mereka selalu ingin bertemu Greysia saat bertanding di turnamen di berbagai belahan dunia. Sepanjang 19 tahun, sejak bergabung dengan tim nasional bulu tangkis Indonesia pada 2003, sejumlah gelar juara bergengsi telah diraih Greysia Polii.

Selalu tampil solid bersama pasangannya, Greysia tak henti-hentinya mempersembahkan hasil untuk Indonesia. Selain ganda putri, Greysia juga bermain ganda campuran dengan Muhammad Rijal dan memenangkan medali perak di Kejuaraan Dunia Junior 2004 di Kanada. Di ajang yang sama, Greysia juga menghadiahkan medali perunggu di nomor ganda putri bersama Heni Budiman. Gelar turnamen tunggal BWF pertama Greysia dimenangkan bersama Jo Novita di Filipina Terbuka 2006. Sementara itu, bersama Nitya Krishinda Maheswari, ia meraih medali emas di Asian Games 2014.

Namun, kemitraan antara Greysia dan Nitya harus berakhir setelah Nitya mengalami cedera parah pada lututnya dan harus dibawa ke meja operasi pada Desember 2016. Ditinggal Nitya, Greysia pun sempat dipasangkan dengan beberapa pemain, mulai dari Rosyita Eka Putri Sari dan Rizki Amelia Pradipta. Barulah pada Mei 2017 Greysia dipasangkan dengan Apriyani Rahayu dan mencatat rapor positif dengan menjuarai Thailand Open dan French Open. Puncaknya, Greysia/Apriyani berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Mereka tak pernah menelan satu pun kekalahan pada babak penyisihan grup, dan mengalahkan pasangan Chen Qingchen/Jia Yi Fan asal China dengan skor 21-19 dan 21-15 pada partai final.

Keputusan pensiun itu diambil karena Juara Olimpiade Tokyo 2020 itu memikirkan masa depannya serta keluarganya. Greysia belum dikaruniai anak sejak menikah dengan pengusaha berlian pada 23 Desember 2020. Pemain ganda putri kelahiran Jakarta ini, akan meresmikan masa pensiunnya pada final Indonesia Masters 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 12 Juni 2022 mendatang, pukul 09.00 WIB di Istora Senayan, Jakarta. Dalam acara tersebut, Greysia bakal melakukan pertandingan ekshibisi yang akan menjadi laga terakhirnya di dunia bulu tangkis. (RAI/SEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri