Penampakan Kapal Perang USS Samuel B Roberts yang Tenggelam Paling Dalam di Permukaan Laut

Bangkai kapal USS Samuel B Roberts ditemukan setelah 80 tahun tenggelam oleh sekelompok penyidik. Pada 25 Oktober 1944, kapal USS Samuel B Roberts DE-413, tenggelam dalam pertempuran Pulau Samar di Laut Filipina dengan kedalaman 6.895 meter dari permukaan air. Mengapa demikian?

Kapal USS Samuel B Roberts karam lebih dalam dibandingkan kapal USS Johnston yang ditemukan sebelumnya. Pencarian kapal dapat dikatakan sangat sulit karena berada di dasar laut yang sangat dalam. Akan tetapi, bangkai kapal tersebut ditemukan oleh pemuda yang berasal dari Texas bernama Victor Vescovo, dengan tekad yang kuat untuk melakukan deep diving. Setelah itu, pemuda asal Texas tersebut berhasil menemukan bangkai kapal perang USS Samuel B Roberts atau dikenal dengan sebutan Sammy dan berhasil diidentifikasi pada Rabu, 22 Juni 2022.

Sumber foto: www.kompas.com

Dilansir dari Kompas.com, pada 24 Juni 2022, Victor Vescovo mengatakan, “Kami ingin mengatakan bahwa baja tidak berbohong dan bangkai kapal ini adalah saksi terakhir pertempuran yang mereka perjuangkan.” Kapal tersebut sudah mengalami kerusakan, tetapi sebagiannya terlihat masih sempurna. Kapal ini digunakan saat terjadi Perang Dunia II pada saat melakukan serangan terhadap Jepang karena terdapat lubang pecahan akibat ledakan dan tembakan pada bagian buritan. Kapal Sammy B tenggelam akibat menyerang kapal armada Jepang dari jarak dekat. Kapal Sammy B menembakkan amunisinya secara membabi buta sampai habis dan awak kapal lainnya menggunakan peluru asap dan flare penerang hanya untuk membakar kapal-kapal Jepang.  Tidak hanya itu, struktur lambung, senjata, dan tabung torpedo juga terlihat dalam citra.

Sumber foto: www.cnbcindonesia.com

Berdasarkan sejarahnya, kapal USS Samuel B Robert mengangkut 224 awak kapal dengan catatan 120 orang selamat selama 50 jam menunggu tim penyelamat yang hanya bermodal pegangan rakit penyelamat. Salah satunya yang selamat dalam peristiwa tersebut adalah Kapten Robert W.Copeland dan 89 orang lainnya tewas. Dengan penemuan kapal ini, dapat dijadikan sebagai bukti autentik sejarah yang terjadi pada Perang Dunia II yang pada saat itu kapal USS Samuel B Roberts ditenggelamkan oleh sekutu, yaitu Jepang. (RIV/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *