Perkembangan Dompet Digital Menjadi Pilihan Masyarakat Masa Kini, Apa Alasannya?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat pada seluruh sektor, perkembangan teknologi juga membawa pengaruh pada digitalisasi uang tunai. Masyarakat sudah dimudahkan dengan teknologi dompet digital. Dompet digital merupakan metode pembayaran non-tunai yang dirasa lebih praktis untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Dompet digital sudah populer sejak tahun 2018 dari mulai adanya Gopay, OVO, dan DANA. Akan tetapi, sejak pandemi COVID-19 tahun 2020 penggunaan dompet digital meningkat secara pesat dan banyak perusahaan-perusahaan baru yang mendirikan bisnis pada bidang tersebut. Hal ini karena banyak masyarakat yang berpikir bahwa menggunakan dompet digital merupakan cara yang lebih praktis dan juga demi menekan angka penularan virus COVID-19 dari uang tunai.

Sumber foto: Digination.ID

Selain karna faktor pendukung dari adanya pandemi ini, dompet digital sendiri juga memiliki banyak manfaat untuk masyarakat.

1. Transaksi Lebih Mudah dan Praktis

Dengan menggunakan dompet digital, masyarakat  tidak lagi diharuskan untuk membawa dompet ataupun uang tunai jika bepergian karena cukup dengan menggunakan aplikasi dompet digital yang ada pada ponsel masing-masing untuk melakukan pembayaran. Selain itu, masyarakat juga tidak perlu susah-susah untuk mengambil uang tunai di ATM karena pembayaran sudah bisa menggunakan QR Code.

2. Transaksi Lebih Cepat

Transaksi menggunakan dompet digital juga lebih cepat, masyarakat tidak perlu lagi harus keluar rumah untuk membayar dan membeli keperluan rumah tangga karena segala jenis pembayaran rumah tangga, seperti pulsa, listrik, air, dan lainnya dapat dibayar menggunakan dompet digital.

3. Terjaga Keamanannya

Dibandingkan membawa dompet atau uang tunai saat bepergian yang lebih berisiko hilang, menggunakan dompet digital jauh lebih aman, karena sebelum membuat akun dompet digital, masyarakat perlu melakukan verifikasi data terlebih dahulu, seperti memasukan pin, sidik jari, dan scan wajah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya pencurian digital. Dan jika sewaktu-waktu ponsel Anda hilang, Anda dengan mudah dapat memblokir dompet digital tersebut dengan ponsel lain.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapat dari penggunaan dompet digital, merupakan hal yang wajar jika masyarakat kini lebih memilih untuk menggunakan dompet digital dibandingkan membawa uang tunai yang banyak. Akan tetapi, masyarakat juga perlu berhati-hati dalam menggunakan dompet digital, karena banyaknya tindak pencurian digital. (SPY/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri