Pelatihan Pengelolaan Keuangan UMKM di Jakarta Timur Oleh FE UNJ Tahun 2022 “Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jakarta Timur”

Sumber: Panitia P2M FE UNJ 2022

Pada Rabu, 03 Agustus 2022 Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bersama dengan Global Entrepenuer and Professional (GENPRO) DKI Jakarta dan Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertempat di Pusat Promosi Industri Kayu & Mebel (PPIKM), Jatinegara Kaum. Kegiatan ini melibatkan 4 orang Dosen Prodi Akuntansi FE UNJ, yaitu Ibu Indah Muliasari, S.E., Ak. M.Ak., Ibu Nuramalia Hasanah, M.Ak, Bapak Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak., M.Ak, dan Ibu Marselisa Nindito, SE., M.Sc, Ak., CA.. Mengusung tema “Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jakarta Timur”, acara ini dihadiri oleh 38 pemilik UMKM. Kebanyakan dari pelaku UMKM tersebut memilih bisnis kuliner sebagai usahanya. Selain kuliner ada juga yang menekuni bisnis fashion, kerajinan dan fashion, sabun cair, kerajinan tangan, pedagang daging, dan penjual alat pemanas air tenaga surya. Usaha tersebut telah ditekuni dalam kurun waktu yang berbeda, mulai dari 2 – 7 bulan, 1 – 8 tahun, 15 tahun, 20 tahun, dan 22 tahun.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan selama satu hari dan diisi oleh tiga narasumber andal dibidangnya, yaitu Bapak Triyono CT. NNLP, PCC selaku Pakar UMKM, Ibu Supriyani S.Gz selaku CEO Barikfri Snack & Cookies, Bapak Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak., M.Ak selaku Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Acara ini berlangsung dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Di awali dengan Registrasi Peserta lalu, Pembukaan Acara oleh MC, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembukaan/Sambutan dari Ketua Panitia, yaitu Ibu Indah Muliasari, S.E., Ak. M.Ak., Sambutan dari Kepala Satuan Pelaksanaan Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kecamatann Pulo Gadung, yaitu Ibu Daryatmi, S.H., MM., Foto Bersama, dilanjutkan dengan Materi Pertama dari Ibu Supriyani S.Gz sekaligus Testimoni dari Pelaku UMKM yang menjelaskan manfaat melakukan pencatatan keuangan terhadap usahanya, Materi Kedua dari Bapak Triyono CT. NNLP, PCC tentang Pengelolaan Keuangan UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah), Sesi Tanya Jawab, Materi Ketiga dari Bapak Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak., M.Ak tentang Praktik Aplikasi Keuangan UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah), dan di akhiri dengan Penutupan. Selama materi peserta mengikuti acara dengan antusias. Interaksi terjalin secara komunikatif antara narasumber dan peserta. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kesuksesan Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2022. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Nurhadi selaku Owner Batik Suqi “Pelatihan ini membuat saya tidak takut lagi untuk melakukan pencatatan keuangan dan saya merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi Buku Warung karena memudahkan saya melakukan pencatatan keuangan dan membuat nota untuk setiap transaksi menggunakan smartphone”. Pak Nurhadi juga mengatakan bahwa kegiatan ini harus terus berjalan karena masih banyak Usaha Kecil yang membutuhkan pelatihan pencatatan keuangan. Selain Bapak Nurhadi, ada juga Ibu Kusmiati selaku Owner Toko Daging dan Sembako Nafisha juga mengatakan bahwa Pelatihan ini sangat bermanfaat dan harus diadakan kembali karena saat melakukan pencatatan keuangan pemilik usaha dapat mengetahui pasti nominal pemasukan dan pengeluaran dari usahanya secara detail. Namun, Ibu Kusmiati mengakui bahwa masih sulit untuk beradaptasi saat menggunakan aplikasi Buku Warung ini.

 

Penulis: Sabrina Fitrianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *