Yuk, Memutus Mata Rantai Generasi Sandwich dengan Persiapan Finansial yang Matang!

Sumber: alinea.id

Banyak dari kita pasti sudah tidak asing dengan istilah generasi milenial, generasi X, Y, maupun Z. Akan tetapi, apakah kamu pernah mendengar istilah generasi sandwich? Ataukah ini pertama kalinya kamu mendengarnya?

Generasi sandwich merupakan generasi yang dituntut untuk menanggung biaya hidup dua generasi di atas dan di bawahnya, yaitu orang tua serta anak-anaknya kelak. Generasi ini diibaratkan sebagai isi dari sandwich yang harus menopang kedua sisi roti, yaitu generasi sebelumnya (orang tua) serta generasi berikutnya (anak-anak mereka). Jika mereka belum menikah, maka mereka dituntut untuk membiayai kehidupan keluarga inti lainnya, seperti adik mereka. Itulah mengapa mereka sering disebut dengan generasi sandwich.

Sumber: Posciety.com

Perlu konsistensi serta usaha yang besar untuk memutus mata rantai generasi sandwich. Berikut ini merupakan beberapa perencanaan finansial yang bisa diambil untuk memutus rantai tersebut.

  1. Miliki Tabungan Rencana

Tabungan rencana merupakan tabungan dengan setoran rutin setiap bulannya. Tabungan ini bersifat autodebit, yaitu langsung dipotong dari rekening kalian sehingga tidak akan ada alasan lupa atau uang tabungan terpakai.

  1. Siapkan Program Pensiun

Saat ini, program pensiun tidak hanya dapat dimiliki oleh ASN saja, semua orang bisa menyiapkannya dengan mendaftarkan diri ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Dengan begitu, kehidupan masa tua kalian akan terjamin dan tidak perlu bergantung pada anak.

  1. Miliki Asuransi Kesehatan

Semakin bertambah usia, ketahanan tubuh juga semakin turun, maka asuransi kesehatan menjadi pilihan tepat agar kalian mendapatkan jaminan kesehatan. Dengan kepemilikan asuransi kesehatan, kalian akan mendapat jaminan kesehatan atas rawat inap, rawat jalan, serta keperluan kesehatan lainnya.

  1. Kelola Penghasilan dengan Bijak

Pengelolaan penghasilan yang baik merupakan kunci terjaminnya masa tua. Kalian dapat menggunakan rumus 50/30/20 untuk mengelola gaji. Rumus ini membagi penghasilan ke dalam beberapa kategori, yaitu 50% untuk kebutuhan penting, seperti makan, tagihan listrik, belanja bulanan, dan lainnya, 30% untuk keinginan dan hiburan agar tidak stres, dan 20% sisanya untuk ditabung.

Sumber: Rangkul Teman

Menjadi generasi sandwich memang sangat berat, tetapi dari sini kita dapat belajar bahwa perencanaan finansial dan persiapan dana pensiun merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap individu. Semoga kita semua bisa terbebas dari jebakan generasi sandwich, ya!

Research and Development by Zelda Aura Hidayat Putri

Edited by Sylvania Arsa Nurhaliza

Sumber:

 https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/generasi-sandwich-dan-cara-memutus-rantainya/:

https://www.liputan6.com/news/read/4721933/journal-memutus-mata-rantai-generasi-sandwich-anak-bukanlah-mesin-uang

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20570

https://blog.skillacademy.com/cara-memutus-rantai-generasi-sandwich

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri