Sah! Indonesia Resmi Memiliki 37 Provinsi

Sumber foto: Freepik.com

Provinsi di Indonesia yang sebelumnya berjumlah 34 kini resmi menjadi 37 provinsi. Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi menekan tiga aturan mengenai pembentukan provinsi baru di Papua. Tiga provinsi yang dimaksud, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, atas nama Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan pembentukan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua dalam prosesi di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta. DOB tersebut merupakan usulan pemerintah yang diajukan ke DPR. Mendagri juga turut melantik tiga pejabat gubernur tiga provinsi baru tersebut.

Dikutip dari laman Detiknews, berikut ini profil 3 provinsi baru di Papua.

  1. Papua Selatan

Merujuk pada UU Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Selatan terdiri atas Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat. Ibu Kota Provinsi Papua Selatan adalah Kabupaten Merauke.
Provinsi Papua Selatan memiliki kewenangan pengelolaan sumber daya alam di laut provinsi dengan tata cara penarikan garis batas kewenangan pengelolaan sumber daya alam di laut provinsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Papua Selatan berbatasan dengan Kabupaten Nduga, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Pegunungan Bintangdi sebelah utara. Lalu di sebelah timur berbatasan dengan Negara Papua Nugini, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Arafura, serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Mimika dan Laut Aru.

Sumber foto: Freepik.com

  1. Papua Tengah

Pembentukan Provinsi Papua tengah terdapat dalam UU Nomor 15 Tahun 2022. Provinsi Papua Tengah terdiri atas Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Deiyai. Ibu Kota Provinsi Papua Tengah di Kabupaten Nabire.

Batas daerah Provinsi Papua Tengah antara lain:

  • Wilayah utara: Kabupaten Waropen, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Teluk Cendrawasih
  • Wilayah timur: Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Asmat
  • Wilayah selatan: Laut Aru
  • Wilayah barat Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.

  1. Papua Pegunungan

Provinsi Papua Pegunungan terdiri atas Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Nduga. Ibu kotanya adalah Kabupaten Jayawijaya.

Provinsi ini tercantum dalam UU Nomor 16 Tahun 2022. Batas wilayah Papua Pegunungan adalah Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Negara Papua Nugini, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Mimika. (AR/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *