Viral Aksi Suporter Jepang Bersih-bersih Stadion, Warga Qatar Takjub

Sumber foto: Bola.com

Beberapa suporter timnas Jepang kedapatan melakukan aksi bersih-bersih sampah usai gelaran upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022, Minggu (20/11). Suporter Jepang mencuri perhatian dengan aksi mereka mengumpulkan sampah yang berserakan pascalaga Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor tersebut. Aksi bersih-bersih yang dilakukan suporter Jepang sejatinya bukan pemandangan baru.

Sikap yang dianggap terpuji dan memberikan teladan diketahui dilakukan tiap Piala Dunia digelar, termasuk pada 2018 di Rusia. Namun, tetap saja, ‘operasi semut’ warga Jepang itu tetap menyita perhatian. Dilansir dari Sport Bible, suporter Jepang memunguti sampah di stadion meski bukan timnasnya yang tengah bertanding. Aksi itu mereka lakukan ketika semua penonton di stadion telah berduyun-duyun pulang. Tiap sisi tribun mereka bersihkan, sampah-sampah dikumpulkan.

“Suporter Jepang membersihkan stadion. Padahal ini tidak terkait (pertandingan timnas) mereka!” komentar dari warga Qatar, Omar Faruq dalam unggahan video tersebut, Selasa (22/11). “Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah,” kata Omar Faruq saat melihat fans timnas Jepang mengumpulkan botol-botol bekas minuman setelah stadion sepi penonton, seperti dikutip dari Talk Sport.

Keberadaan suporter Jepang ternyata tak cuma di satu sisi stadion. Mereka berpencar dan tersebar ke berbagai sudut stadion Al Bayt. Mereka mengumpulkan sisa-sisa makanan untuk dimasukkan ke dalam sebuah kantor besar. “Saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow!” ujar Omar.

Aksi suporter timnas Jepang bukan kali ini saja di Piala Dunia. Aksi terpuji masyarakat Jepang telah diakui para masyarakat belahan dunia tiap Piala Dunia digelar. Tidak hanya fans timnas Jepang yang melakukan bersih-bersih, pemain pun meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih. Para pemain bahkan meninggalkan catatan bertuliskan ‘terima kasih’ dalam bahasa Rusia. Para pemain timnas Jepang juga meninggalkan ruang ganti dengan kondisi mengilap.

“Sungguh sebuah contoh bagi semua tim,” cuit koordinator umum FIFA, Priscilla Janssens dalam sebuah kesempatan memuji aksi timnas Jepang di Piala Dunia. (SHL/SYA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri