Tips Waktu yang Paling Baik untuk Belajar

Sumber: Antara News

Otak merupakan organ terpenting bagi manusia dalam menunjang keseharian mulai dari pikiran, fisik, dan lain-lain. Tidak hanya tubuh, otak manusia memiliki irama tersendiri sehingga ada waktu terbaik otak untuk dikategorikan sebagai waktu belajar.

Kebanyakan orang kurang memperhatikan pentingnya memahami cara kerja otak dan kapasitas yang mampu dihadapi. Sehingga, banyak pekerjaan otak kurang maksimal. Sebaliknya, apabila terus-terusan berpikir dan membuat otak bekerja, juga dapat mengakibatkan kelelahan bahkan bisa juga depresi.

Berikut waktu terbaik bagi otak untuk memaksimalkan fungsi dan kinerjanya:

1. Pukul 09.00 – 10.59

Sumber: http://deting.com

Merupakan waktu paling produktif untuk melakukan aktivitas karena otak cukup mengeluarkan hormon stres sehingga bisa lebih fokus.

2. Pukul 11.00 – 13.59

Waktu yang paling cocok untuk mengerjakan tugas berat atau sulit karena pada pukul ini hormon tidur menurun tajam. Pada waktu ini, disarankan untuk tidak melakukan beberapa tugas secara bersamaan, karena akan membuat seseorang kehilangan konsentrasi.

4. Pukul 14.00

Merupakan saat terbaik untuk beristirahat siang karena asupan darah atau oksigen ke otak agak berkurang.

5. Pukul 15.00 – 17.00

Waktu saat otak benar-benar lelah, jadi usahakan melakukan kegiatan berbeda bersama teman agar bisa lebih santai. Misalnya, kerja kelompok.

6. Pukul 18.00 – 19.59

Waktu yang terbaik untuk mengerjakan tugas pribadi karena otak masuk dalam masa pemeliharaan, yaitu ketika produksi melatonin (hormon tidur) masih berada di level rendah.

7. Pukul 20.00 – 21.59

Merupakan saat yang tepat untuk bersantai. Waktu ini paling cocok untuk meninggalkan pekerjaan atau tugas dan mulai bersantai.

8. Pukul 10 malam ke atas

Waktu ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur. Biasakan tidur dengan cukup sebanyak 7-8 jam sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.

Waktu yang tepat untuk belajar, ketika otak dapat bekerja dan menerima dengan baik:

Sumber: hipwee
  1. Otak bisa fokus biasanya saat pagi hari karena masih dalam keadaan segar, yaitu jam 9.00-11.00 pagi.
  2. Otak akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas berat dan belajar pada jam 11.00-14.00 siang.
  3. Setelah belajar otak dapat beristirahat penuh dengan tidur semalaman. Oleh karena itu, waktu terbaik otak untuk belajar adalah jam 18.00-20.00 malam.

Itulah waktu yang tepat untuk belajar. Coba dan rasakan perubahannya.

“Research and Development by Suherlin Mulyana Sari”

“Edited by Sylvania Arsa Nurhaliza”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *