GRAND FINAL PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2023

Rabu, 16 Maret 2023 telah dilaksanakan acara Grand Final Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Negeri Jakarta 2023, bertempat di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Acara ini juga ditampilkan secara live di kanal YouTube “Kemahasiswaan UNJ”.

Penyelenggaraan ini diawali dengan beberapa rangkaian acara, dimulai dari pembukaan oleh MC sekaligus Mahasiswa Berprestasi tahun 2022, pembacaan doa, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars UNJ.

Acara pertama dimulai dengan sesi pemaparan kisah inspiratif oleh 18 finalis Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Jakarta selama 7 menit per finalis, dipandu oleh Lutfia Zahra yang sekaligus juga sebagai Mahasiswa Berprestasi Ter-Inspiratif tahun 2022. Adapun, finalis Mahasiswa Berprestasi tahun 2023 terdapat Fathimah Azzahrah dari Fakultas Pendidikan Psikologi, Sri Purborini dari Fakultas Pendidikan Psikologi, Hifzhan Zharfan F. dari Fakultas Ekonomi, Siska Amelia Putri dari Fakultas Ekonomi, Putri Suwandari dari Fakultas Ekonomi, Fahsya Aliefta Azzahra dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Moch. Ismail Gading dari Fakultas Teknik, Muhammad Sadam dari Fakultas Teknik, Putri Novia Ramadani dari Fakultas Teknik, Salsabill Rizkina dari Fakultas Ilmu Sosial, Vidi Lestari dari Fakultas Ilmu Sosial, Naila Fathiyya S. dari Fakultas Ilmu Sosial, Muhammad Fadillah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Tia Wahyuningsih dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Nabila Ayu Putri dari Fakultas Bahasa dan Seni, Annisa Widya Shafira dari Fakultas Bahasa dan Seni, Soraya Nuron Jamil dari Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Bouroq Aji Samudra dari Fakultas Ilmu Pendidikan. 

Acara kedua dimulai pada pukul 12.00, dilanjutkan dengan sesi sambutan dari Ketua Dewan Juri. Pada sesi ini, menampilkan video singkat yang bertemakan “Ibu” selama 5 menit, dan pemutaran lagu “Menggapai Bintang” selama 5 menit.

Acara selanjutnya pada pukul 12.10 sampai 12.13, seluruh 18 finalis Mahasiswa Berprestasi menaiki podium untuk melakukan sesi ice breaking. Pada pukul 12.15 sampai 12.17, dilanjutkan dengan sesi sambutan yang diberikan oleh salah satu dewan juri, yaitu juri kepribadian dan psikologis. Selanjutnya, pada pukul 12.20 sampai 13.00 dilaksanakan ISHOMA dan penutupan voting untuk Mawapres terfavorit oleh MC.

Acara dilanjutkan pada pukul 13.15, seluruh peserta Mawapres kembali ke ruangan untuk melanjutkan acara setelah ISHOMA yang dilakukan dengan pembukaan kembali acara yang dipandu oleh MC. Pada sesi ini, MC mengajukan kepada peserta Mawapres dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pendidikan untuk melakukan sharing session selama kurang lebih 10 menit dan juga pada pukul 13.30 sampai 13.45, MC memberikan kesempatan kepada suporter agar naik ke atas panggung untuk memberikan semangat kepada para finalis Mahasiswa Berprestasi.

Selanjutnya, pada pukul 13.45 sampai 13.55 dilakukan persembahan lagu yang ditampilkan oleh Khaerunnisa Nurulfira dengan tujuan untuk menyemangati finalis Mawapres. Adapun, lagu yang dibawakan oleh Khaerunnisa Nurulfira berjudul “One Moment In Time” dan “Bertaut”, lalu dilanjutkan dengan 18 finalis Mahasiswa Berprestasi memberikan persembahan, yaitu membawakan lagu “A Million Dreams”, persembahan selanjutnya dilakukan oleh UKM UNJ yang menampilkan tarian “Kinang Kilaras.”

Pada pukul 14.08, acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata untuk para dewan juri yang diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta dan Alumni Universitas Negeri Jakarta.

Kemudian pada pukul 14.10, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang yang dipandu oleh MC, di antaranya pengumuman suporter terbaik yang dimenangkan oleh Fakultas Bahasa dan Seni, dan juga pengumuman pemilihan Mawapres Universitas Negeri Jakarta sekaligus pemberian hadiah kepada juara-juara dari setiap kategori Mawapres. Setelah pengumuman pemenang, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi pemenang dan disambung dengan winning speech dari Juara 1 Mawapres jenjang Sarjana yang dimenangkan oleh Annisa Widya Shafira dari Fakultas Bahasa dan Seni, lalu dilanjutkan Juara 1 Mawapres jenjang Diploma yang dimenangkan oleh Muhammad Gading Ismail dari Fakultas Teknik.

Berikut merupakan hasil dari pengumuman Mawapres Universitas Negeri Jakarta:

  • Juara 1 jenjang Diploma, Muhammad Gading Ismail dari Fakultas Teknik;
  • Juara 1 jenjang Sarjana, Muhammad Fadillah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;
  • Juara 2 jenjang Sarjana, Putri Novia Rahmadani dari Fakultas Teknik;
  • Juara 3 jenjang Sarjana, Muhammad Fadilah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;
  • Juara Mawapres Terfavorit, Naila Fathiyya S. dari Fakultas Ilmu Sosial;
  • Juara Mawapres Best Personality, Fatimah dari Fakultas Pendidikan Psikologi;
  • Juara Mawapres Terinspiratif, Fasya Aliefta Azzahra Siregar dari Fakultas Ilmu Keolahragaan;
  • Juara Mawapres Karya Ilmiah Terbaik, Bouroq Aji Samudra dari Fakultas Ilmu Pendidikan;
  • Juara Mawapres Best Speech, Siska Amelia Putri dari Fakultas Ekonomi.

Sumber: Live YouTube Kemahasiswaan UNJ Channel

Siska Amelia Putri, pemenang Mawapres Best Speech adalah seorang Mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Bisnis 2020 Fakultas Ekonomi, dan menjadi satu-satunya perwakilan Fakultas Ekonomi yang menjuarai Mawapres Universitas Negeri Jakarta. Menurutnya, ajang pemilihan mahasiswa berprestasi bukan hanya dinilai dari prestasi saja, melainkan harus menyiapkan banyak hal, mulai dari kemampuan bahasa Inggris, membuat gagasan kreatif, kecakapan, kepribadian, dan lain-lain.

Persiapan yang dilakukan oleh Siska Amelia Putri di antaranya adalah:

  1. Prestasi, seperti namanya, yaitu “Mahasiswa Berprestasi” tentu prestasi adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan matang dalam pemilihan mahasiswa berprestasi ini, seperti mengikuti banyak kegiatan perlombaan. “Aku sudah mempersiapkannya dari mulai semester 4, hingga akhirnya aku memberanikan diri untuk mendaftar menjadi Mawapres di semester 6.” ujar Siska Amelia Putri.          
  2. Gagasan kreatif, gagasan kreatif itu hampir sama dengan karya tulis ilmiah. Hal ini juga harus dipersiapkan dengan matang secara step by step. “Mengingat aku belum pernah membuat karya tulis ilmiah sebelumnya, dan ini adalah karya tulis pertamaku.” ujar Siska Amelia Putri.                       
  3. Bahasa Inggris, merupakan salah satu aspek penilaian dalam ajang Mawapres ini. “Aku sadar betul bahwa kemampuan bahasa Inggrisku masih kurang, oleh karena itu aku sudah berlatih bahasa inggris dan menekuninya mulai dari semester 5, sampai aku pergi ke kampung inggris untuk belajar bahasa Inggrisku.” tutur Siska Amelia Putri.
  4. Kesiapan mental, kepribadian, dan kecakapan menjadi hal yang harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum mendaftar menjadi mahasiswa berprestasi.                                                                        Sebagai tambahan, aspek – aspek yang dinilai dalam pemilihan mahasiswa berprestasi juga sudah terangkum jelas pada booklet panduan. Untuk mawapres 2023, pada tingkat fakultas, hal yang dinilai adalah capaian unggulan sebanyak 70% dan gagasan kreatif sebanyak 30% untuk jenjang sarjana, dan untuk tingkat universitas, capaian unggulan sebanyak 60% dan gagasan kreatif sebanyak 40% untuk jenjang diploma. Gagasan kreatif adalah rincian 10 prestasi terbaik yang dimiliki.

Selain dengan persiapan yang matang, tentunya terdapat kendala dalam proses persiapan lainnya,  “Kendalanya yang saya alami, yaitu pada pembuatan gagasan kreatif, dimana kita harus membuat gagasan yang futuristik dan realistis. Agak sulit menurutku, mengingat aku baru pertama kali membuat karya tulis ini, tentu memerlukan banyak kesabaran dan juga ketelitian dalam mengerjakannya. serta revisi karya tulis beberapa kali dengan dosen pembimbing, kesalahan pengambilan data, serta judul gagasan kreatif yang diubah. aku juga  beberapa kali mendapati kesulitan dalam melakukan pemberkasan, dimana harus memerlukan kesabaran ekstra untuk bolak balik ke kampus meminta tanda tangan pihak terkait.” ujar Siska Amelia Putri pada Jumat (17/03).

Siska Amelia Putri dalam karya tulis ilmiahnya mengambil tema terkait UMKM. “Aku tertarik mengambil tema itu karena melihat kontribusi UMKM terhadap negara dan juga melihat kondisi globalisasi saat ini, yang secara tidak langsung menuntut agar UMKM bisa go digital.” tutur Siska Amelia Putri.

Harapan pemenang Mawapres Kategori Best Speech ini untuk mahasiswa diluar sana yang ingin mengikuti Mawapres adalah untuk tetap semangat dan harus didasari oleh keinginan yang kuat serta mempersiapkan mental sebaik mungkin karena kestabilan emosi adalah hal yang sangat penting dalam proses perjalanan pengembangan diri. “Tetap semangat dan langkah kalian  harus didasari oleh niat yang baik, tulus serta ikhlas. Selalu menghargai proses yang ada pada diri sendiri, dan jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dari sekarang. Jangan ragu untuk mengikuti Mawapres, jangan insecure apalagi berpikir bahwa kalian tidak layak untuk mengikuti Pilmapres. Jangan ragu untuk teman-teman yang mungkin belum memiliki banyak prestasi atau belum mulai mengikuti kompetisi kompetisi. Ingat teman-teman, bahwa Mawapres bukan hanya memandang dari segi prestasi, banyak sekali aspek yang dijadikan penilaian. Mulai aja dulu dan percaya diri, Insyaallah Allah yang menguatkan dan memudahkan langkah baik dari kalian.” ujar Siska Amelia Putri.

Acara dilanjutkan dengan pemberian selamat dan harapan oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta. Pimpinan UNJ ini berpesan bahwa, “Memberikan persiapan yang matang untuk bertarung di tingkat nasional, karena di tingkat nasional tidak mudah akan banyak pesaing dari perguruan tinggi lainnya. Oleh karena itu, perlunya memberikan persiapan yang sangat matang.” ujar Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Setelah pemberian selamat oleh Rektor UNJ, akhir dari rangkaian acara ini adalah penutupan Pemilihan Mawapres Universitas Negeri Jakarta pada pukul 15.00 oleh MC. (AKR/LI/ARS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibom
güvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis sitelerigüvenilir bahis siteleri