Kemeriahan Wisuda Semester 117 Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Negeri Jakarta

Jakarta – Selasa, 21 Maret 2023, Universitas Negeri Jakarta telah melaksanakan kegiatan Wisuda Semester 117 Tahun Akademik 2022/2023 pada program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor dengan mengangkat tema “Membangun Kemandirian Universitas Menuju World Class University”. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Hall D2 Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, dan juga disiarkan melalui kanal YouTube Edura TV UNJ secara live streaming.

Pada kesempatan wisuda kali ini, Universitas Negeri Jakarta berhasil mewisuda sejumlah 1.776 lulusan, termasuk 192 wisudawan dan wisudawati dari Fakultas Ekonomi. Acara wisuda dimulai dengan perkenalan setiap wisudawan dan wisudawati dari masing-masing fakultas. Selanjutnya, upacara wisuda dimulai dengan prosesi sidang pimpinan dan senat terbuka, diikuti dengan nyanyian lagu “Indonesia Raya” dan pengheningan cipta yang dipimpin oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta. Acara wisuda kali ini dihadiri oleh banyak tokoh penting, baik secara langsung maupun daring, termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi beserta pimpinan di lingkungan Kemdikbudristek RI, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek, Pj. Gubernur DKI Jakarta, Ketua LLDIKTI Wilayah III, ketua dan anggota dewan penyantun UNJ, ketua dan anggota dewan pengawas UNJ, Ketua dan Sekretaris Senat UNJ, pimpinan di lingkungan UNJ, ketua dan pengurus Dharma Wanita Persatuan UNJ, ketua IKA UNJ, serta para dosen dan pegawai UNJ.

Sumber: EDURA TV UNJ

Dalam pidato yang disampaikan oleh Prof. Dr Komarudin, M.Si selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta, mengucapkan selamat kepada seluruh saudara wisudawan/wisudawati atas pencapaian menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi yaitu di Universitas Negeri Jakarta. Beliau berpesan bahwa saudara mengemban amanah satu tingkat lebih dari sebelumnya dalam memberikan sumbangsih bagi masyarakat, bangsa, negara, bahkan dunia. Utamanya dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan nasional terutama dalam bidang pendidikan. Selanjutnya, juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua dan wali atas keberhasilan yang diraih oleh putra-putrinya.

Disampaikan pula, oleh Pak Komarudin bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek yaitu Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D akan membawakan orasi ilmiah pada prosesi wisuda semester 117 dengan tema ”Lulusan UNJ sebagai Kader Reformasi Pendidikan Indonesia”. Orasi ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada wisudawan dan wisudawati ketika menghadapi era disrupsi teknologi yang merupakan peluang untuk bertransformasi “Membangun Kemandirian Universitas Menuju World Class University (WCU). Pada akhir pidato, Prof. Komarudin menyampaikan pesan kepada para wisudawan/wati UNJ bahwa sebuah keberhasilan, selain ditentukan oleh kemampuan akademis, juga ditentukan oleh perilaku (attitude), kemandirian, kerja keras, jejaring sosial, dan yang paling utama adalah akhlak atau keadaban.

Sumber: EDURA TV UNJ

Selanjutnya dalam orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Nizam selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek dengan tema “Lulusan UNJ sebagai Kader Reformasi Pendidikan Indonesia” berpesan dan mengatakan bahwa hal yang masih harus ditingkatkan secara gotong royong dengan tenaga ekstra ialah pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia, karena sampai saat ini masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan dengan hadirnya lulusan UNJ baik pendidikan maupun non-kependidikan diharapkan dapat menjadi lentera penerang atas muram dan kompleksnya berbagai tantangan di Indonesia dan tetap membawa napas pendidikan dalam berbagai bidang kerjanya.

Sumber: EDURA TV UNJ

Setelah penyampaian orasi ilmiah, acara dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan terbaik oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. Terdapat 18 wisudawan terbaik dari berbagai fakultas diantaranya 3 wisudawan terbaik dari Fakultas Ekonomi.

Lulus dengan predikat cum laude tentunya merupakan sebuah mimpi yang ingin diraih oleh seluruh Mahasiswa di UNJ, salah satu wisudawati dengan nama Kak Gifti dari Program Studi Psikologi yang meraih predikat cum laude turut membagikan ceritanya dia sebagai wisudawati cum laude. “Perasaanku yang sudah pasti terharu, senang, bangga, dan bahkan gak sangka bisa menjadi cum laude, apalagi sebelumnya kuliah yang kepotong dengan Pandemi sehingga mempersulit pembelajaran,” ujar Kak Gifti. Menurut Kak Gifti, tips dan trik yang patut dicoba supaya mendapatkan nilai maksimal sehingga bisa mendapatkan cum laude itu harus identik dengan aktif bertanya, hal tersebut bisa membantu nilai kamu dan dosen pun akan lebih memperhatikan keaktifan dari kamu. Selain aktif bertanya kita juga harus lebih giat lagi belajar sesuai dengan cara belajar masing-masing. Kemudian kak Gifti juga turut membagikan rencana tujuan hidup kedepannya yaitu untuk bekerja. Kak Gifti juga memberikan harapan untuk seluruh wisudawan tahun 2023 ini, “Semoga semua yang lulus tahun ini bisa menggunakan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya dan cepat mendapat kerja sehingga bisa menaikkan nama almamater dari UNJ”.

Alumni dari EconoChannel juga turut serta menjadi wisudawan pada tahun 2023 ini. Salah satu alumni EconoChannel yang bernama Kak Hanania dari Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran adalah salah satu wisudawati dari Wisuda Universitas Negeri Jakarta yang berlokasi di JiExpo. “Perasaan aku wisuda tahun ini yang pasti senang banget, karena bisa selesai sidang dan ikut di wisuda di 2023 ini yang kebetulan juga offline itu senang banget,” ujar Kak Hana. Kak Hana juga memberikan pengalaman saat masih berorganisasi dan mengikuti perkuliahan, cara untuk bisa mengatur waktu itu bisa mengerjakan job description dari organisasi setelah selesai menyelesaikan kelas. Kak Hana juga memberikan pengalaman paling memorable nya saat perkuliahan, “Hal paling memorable adalah saat mengerjakan skripsi di perpustakaan kampus setiap hari pulang sore yang diulang sampai skripsinya selesai, hal tersebut memorable karena belum tentu akan keulang lagi,” Tutur Kak Hana. Menurut Kak Hana, rintangan paling sukar dari pengerjaan skripsi adalah saat dosen tidak mudah untuk dihubungi, maka dari itu saat pengerjaan skripsi harus rajin untuk menghubungi dosen. Kak Hana sendiri masih memiliki hubungan kontrak magang, yang mana setelah kontrak habis, maka Kak Hana akan melanjutkan bekerja untuk kedepannya. Kak Hana juga memberikan pesan kepada para mahasiswa/i UNJ yang masih menyusun skripsi untuk semangat, “Take your time dalam mengerjakan, dan selalu membuat progress setiap harinya,” tutur Kak Hana.

Selain dari Kak Hana, Kak Hamida juga merupakan salah satu Alumni EconoChannel yang menjadi wisudawan juga di tahun 2023 ini. Kak Hamida mengungkapkan perasaan senangnya karena wisuda tersebut merupakan sebuah pencapaian sebagai sebuah mahasiswi walaupun tidak sesuai target waktu dari kelulusan. Selain itu menurut Kak Hamida, momen yang paling teringat yaitu ketika berkenalan dengan teman baru, punya lingkungan baru dari organisasi, dan bisa menyeimbangkan waktu organisasi dengan akademik. Kak Hamida juga memberikan sepatah dua kata kepada para adik tingkatnya, “Untuk Mahasiswa yang belum lulus, yang penting selalu jalanin aja dan setiap hari teruslah berproses dan berprogres dalam skripsinya walaupun stuck di bagian tertentu tetapi harus terus berproses,” ujar Kak Hamida. Kak Hamida turut serta menceritakan bahwa rintangan terberat ada di bagian skripsi, hal tersebut karena harus berhubungan dengan dosen pembimbing dan dosen pembimbing individu juga pasti akan berbeda-beda. (PNP/BJW/TB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri