Langkah Jitu Pemerintah untuk Mengurangi Arus Kemacetan Selama Mudik Lebaran 2023

Sumber: https.www.bing.com

Mudik Lebaran menjadi fenomena yang menarik untuk dibahas setiap tahunnya karena seperti yang kita ketahui, bahwa akan ada peningkatan mobilisasi masyarakat pada arus Lebaran yang meningkat 47 persen dari tahun lalu, dimana akan ada 123 juta orang pemudik pada Lebaran tahun 2023. Khusus di Jabodetabek, kenaikan pemudik diprediksi akan naik 4 juta atau 27 persen pemudik dari yang semula 14 juta ke 18 juta. Berdasarkan riset, lonjakan pemudik tahun 2023 ada sebanyak 22 persen pemudik yang menggunakan kendaraan mobil pribadi dan 20 persen sepeda motor. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kepadatan pemudik akan sangat terasa disetiap tempat dan tentunya akan sangat menimbulkan kemacetan disemua titik lokasi arus mudik. Untuk menyambut pemudik, pemerintah akan menambah rest area untuk menghadapi arus mudik Lebaran Idulfitri tahun 2023 saat ini.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR akan menyiapkan tiga rest area fungsional untuk mengakomodasi pemudik untuk beristirahat saat mudik Lebaran tahun 2023. Saat ini, terdapat 127 rest area disepanjang 2.624 kilometer (km) jalan tol yang dioperasikan saat arus mudik Lebaran mendatang dan juga adanya tambahan tiga rest area baru untuk fungsional dan juga satu holding area di KM 81 A dan B. Tiga rest area baru fungsional untuk mudik Lebaran mendatang di antaranya terdapat di KM 38 A Tol Pemalang-Batang, KM 319 B Tol Pemalang-Batang, dan KM 19 B Tol Jakarta-Cikampek. Selain itu, ada juga tambahan holding area di KM 80 ruas Tol Cikampek-Palimanan.

Sumber: https.www.bing.com

Dalam hal ini, pemerintah akan memfungsionalkan 11 ruas jalan tol, tujuh di antaranya berada di Pulau Jawa dan empat di Sumatera dengan total sepanjang 222 km. Fungsional dari jalan tol tersebut karena sifatnya yang fungsional, yakni akan dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Namun, telah dipastikan bahwa jalan tol tersebut dapat digunakan secara aman dan nyaman untuk para pemudik. Pemerintah juga sudah menyiapkan fasilitas berupa lokasi pengisian baterai mobil listrik di 14 titik.

Seperti diketahui bahwa charging untuk mobil listrik terdapat sebanyak 14 titik, dimana satu titik berada di Jakarta ke Merak,11 titik dari Jakarta ke Probolinggo serta dua titik lainnya berada di Jagorawi. Sementara itu, khusus dari Jakarta arah Merak di rest area 43 dan 68, pemerintah telah bekerja sama dengan ASDP menyiapkan untuk pembelian tiket kapal feri di Pelabuhan Merak sehingga masyarakat bisa membeli tiket kapal feri di kedua rest area tersebut. Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas mudik bagi para pemudik ini, dapat mengurai kemacetan di jalan tol. (MR/ARS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio