Menilik Tradisi Unik Bulan Ramadan di Berbagai Belahan Dunia

Sumber : serambinews.com

Sumber : serambinews.com

Bulan Ramadan yang juga dikenal sebagai bulan puasa ternyata memiliki berbagai macam keunikan budaya dalam penerapannya. Di seluruh belahan dunia, bulan yang penuh berkah ini disambut dan dilaksanakan begitu meriah. Berikut beberapa tradisi unik di dunia saat bulan Ramadan.

  1. Indonesia

Indonesia memiliki tradisi unik saat bulan Ramadan yang tidak dilakukan di negara lain, yaitu bedug sahur. Bedug adalah alat sejenis drum yang pada bagian penutupnya terbuat dari kulit binatang dan umumnya dipukul menggunakan stik dari kayu. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para pemuda dengan cara memukul bedug sambil berkeliling desa untuk membangunkan orang sahur.

 

  1. Maroko

Di Maroko, tradisi unik yang dilakukan dalam menyambut bulan Ramadan adalah mengecat rumah. Menjelang Ramadan, orang-orang di Maroko akan mulai membersihkan rumah mereka selama dua hingga tiga minggu sebelum Ramadan tiba. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan memberikan suasana baru yang lebih nyaman selama menjalankan ibadah puasa. Masyarakat Maroko meyakini bahwa menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman, sehingga mereka melakukan hal ini setiap tahunnya.

 

  1. Mesir

Sumber : travel.wego.com

 

 

Tak kalah dengan Indonesia dan Maroko, Mesir juga memiliki keunikan sendiri dalam menyambut bulan Ramadan. Masyarakat Mesir memiliki tradisi menyalakan fanous, yaitu lentera warna-warni yang melambangkan kegembiraan dan persatuan sepanjang bulan suci. Asal mula tradisi ini diyakini berawal pada saat masyarakat Mesir menyambut kedatangan Khilafah Al-Mu’izz Ii-Din Allah di Kairo pada hari pertama bulan puasa. Guna memberikan penerangan jalan bagi beliau, para pejabat militer meminta penduduk membawa lilin yang dibingkai dengan kayu untuk menerangi jalan-jalan yang gelap. Seiring berjalannya waktu, lilin berbingkai kayu tersebut berubah menjadi lentera warna-warni yang kini menjadi tradisi di Mesir pada saat bulan Ramadan.

 

  1. Uni Emirat Arab

Tradisi meminta permen sambil bernyanyi atau dikenal dengan haq al laila adalah kegiatan yang biasa dilakukan anak-anak di Uni Emirat Arab. Tradisi ini mirip dengan kebiasaan barat, yaitu trick or treat pada hari Halloween. Pada tanggal 15 Sya’ban (bulan sebelum Ramadan), anak-anak di Uni Emirat Arab akan menggunakan pakaian cerah dan berkeliaran di lingkungan sekitar sambil mengumpulkan permen dan kacang-kacangan serta menyanyikan lagu tradisional.

 

  1. Lebanon

Sumber : kumparan.com

Sumber : kumparan.com

Di Lebanon, terdapat tradisi unik yang dilakukan setiap hari selama bulan Ramadan. Tradisi midfa al iftar adalah tradisi unik di negara Timur Tengah, termasuk Lebanon, yang dilakukan dengan cara menembakkan meriam sebagai tanda waktu berbuka puasa. Tradisi ini pertama kali dilakukan di Mesir lebih dari 200 tahun yang lalu, saat masa pemerintahan Ottoman Khosh Qadam. Pada saat itu, Qadam tidak sengaja menembakkan meriam baru ketika matahari terbenam. Masyarakat mengira bahwa suara gemuruh meriam merupakan cara baru untuk menandakan akhir puasa pada kala itu. Tradisi ini sempat terancam hilang pada tahun 1983 karena invasi yang berujung pada penyitaan meriam. Namun, tradisi ini berhasil dihidupkan kembali oleh tentara Lebanon setelah perang dan masih berlanjut hingga kini.  (ARL/AM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibom
betciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetcio