JANGAN DIBUANG ! LAKUKAN HAL INI AGAR LIMBAH BOTOL PLASTIK MEMILIKI NILAI JUAL

Sumber : https://bp-guide.id/AX0kVpDe

Penggunaan botol plastik sebagai kemasan suatu produk sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kita pergi ke minimarket atau supermarket sering kali kita melihat beberapa produk minuman dan kebersihan yang menggunakan botol plastik sebagai wadah menampung produk tersebut.

Botol plastik dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu botol plastik sekali pakai, seperti botol kemasan air mineral, botol produk cairan pencuci piring, detergen, sampo dan lain sebagainya. Botol plastik juga dapat diperuntukkan untuk digunakan berkali-kali sampai batas waktu tertentu, seperti tumbler plastik dan botol minum. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengelola limbah botol plastik sekali pakai tersebut agar tidak menumpuk menjadi sampah dan dapat memiliki nilai jual?

Botol plastik akan memiliki nilai jual apabila kita dapat mengelolanya menjadi sesuatu yang berguna. Berikut beberapa contoh barang yang dapat kita buat hanya dengan memanfaatkan limbah botol plastik:

  • Membuat Pot untuk Tanaman

Sumber : pinhome.id

Langkah pertama untuk membuat pot dengan botol plastik adalah memisahkan label botol serta bersihkan botol yang akan digunakan. Kemudian, potong bagian tengah botol dengan ukuran 3-5 cm untuk meletakkan tanah serta menanam tanaman. Kawat yang kuat dibutuhkan untuk memasangkan botol sehingga tertempel di dinding. Setelah kawat dipasang, kita dapat menghias pot tersebut agar terlihat lebih menarik sehingga orang-orang mungkin tidak akan sadar kalau pot yang kita buat berasal dari limbah botol plastik.

 

  • Tempat untuk Menyimpan Pensil

Sumber : kumparan.com

Daripada harus membeli pencil holder mahal-mahal, botol sampo juga bisa disulap menjadi pencil holder yang lucu, lho. Caranya, yaitu pertama dengan mencuci bersih botol sampo lalu potong jadi dua bagian. Bagian yang digunakan adalah bagian bawah botol sampo. Agar terlihat lebih estetik, hias botol sampo dengan aksesori sesuai selera. Bisa dibalut dengan pita cantik, diberi warna, dan lain sebagainya. Beri pemberat di bagian bawah agar botol tetap kokoh berdiri.

  • Lampu Hias

Sumber : balicaringcommunity.org

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat lampu hias seperti gambar adalah sebagai berikut: botol bekas, sendok plastik, lampu lengkap, pisau, obeng, lem, cat, dan tiang untuk tempat berdirinya lampu.

Langkah pertama, siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Langkah selanjutnya, potong botol plastik sesuai dengan gambar, lalu potong-potong ujung sendok plastik (bagian lengkungnya). Satukan botol dengan ujung  sendok yang sudah dipotong agar terlihat indah dengan menggunakan lem. Cat bagian luar sendok yang sudah ditempel. Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas lalu gambar dan cat. Terakhir, pasang lampunya pada tiang untuk berdiri.

Demikian beberapa alternatif yang dapat kalian coba untuk memanfaatkan limbah botol plastik yang ada, agar tidak menumpuk menjadi sampai begitu saja. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba! (RFD/ARS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *