Siapakah Calon Presiden yang Akan Menjadi Kandidat Terkuat pada Pemilu 2024 ?

Indonesia merupakan negara demokrasi dimana rakyatnya memiliki hak untuk memilih siapa yang akan menjadi pemimpin negara ini dengan memilih pemimpin negara, yaitu presiden. Pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 ini, menuai pertimbangan dari beberapa partai politik, terutama koalisi untuk mengusung calon presiden dan wakil presidennya.

Sumber: Lembaga Survei Indonesia

Berdasarkan hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Maret- 4 April 2023 dengan simulasi 19 nama, terdapat tiga kandidat yang memiliki elektabilitas tertinggi, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Namun, tampak terjadi pergeseran yang sangat besar terhadap tiga besar calon presiden Republik Indonesia, yaitu Ganjar Pranowo mengalami kemunduran, Prabowo cenderung menguat, sementara Anies relatif tidak banyak berubah. Pada simulasi 19 nama, Ganjar Pranowo tetap unggul, tetapi elektabilitasnya turun signifikan pada bulan Februari diangka 27.1 % menjadi 19.8% pada bulan April. Survei tersebut dilakukan pada 31 Maret- 4 April 2023, sehingga kemungkinan besar kemerosotan elektabilitas Ganjar Pranowo berkaitan dengan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.  Sementara itu, Prabowo Subianto mengalami kenaikan sekitar 2.2% pada bulan Februari diangka 17.1% menjadi 19.3% pada bulan April. Di samping itu, Anies Baswedan juga mengalami kenaikan 2.2% pada bulan Februari 17.2% menjadi 18.4% pada bulan April.

Sumber: Lembaga Survei Indonesia

Hasil survei berdasarkan tiga nama menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto mengalami peningkatan yang cukup signifikan diangka 30.3 % yang sebelumnya pada Februari diangka 26.7%. Sementara itu, Ganjar Pranowo mengalami penurunan sekitar 8.1% yang sebelumnya pada Februari diangka 35% dan Anies Baswedan pun mengalami kenaikan diangka 25.3 % yang sebelumnya pada Februari diangka 24%.

Ketiga kandidat tersebut dikabarkan akan mengikutsertakan diri sebagai calon presiden pada pemilu 2024 nanti. Pada tanggal 21 april 2023, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia dari PDI-Perjuangan. Kandidat calon presiden, Prabowo Subianto juga sudah resmi ditetapkan sebagai calon presiden Republik Indonesia dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul pada Jumat, 12 Agustus 2022. Di samping itu, Anies Baswedan juga telah resmi diusung oleh Nasdem menjadi calon presiden 2024. (DMF/AM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *