Strategi Mencapai Career Yang Sukses Dengan Mengikuti Career Talks FE UNJ

Sabtu, 06 Mei 2023, CDC Fakultas Ekonomi dan Trace UNJ menyelenggarakan Zoom dalam rangka Career Talks FE UNJ yang bertema “Ascending to the Top: Strategies for Achieving Career Success and Maximizing Your Potential.” Career Talks ini dihadiri oleh 150 peserta dari mahasiswa UNJ serta masyarakat umum.

Acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh MC, Azahra Putri dan Yoga Pratama, mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ. Selanjutnya, dilakukan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Indra Pahala, M.Si.

Sumber : Zoom 

Acara selanjutnya, sesi diskusi tentang strategi yang efektif untuk mencapai kesuksesan dan pertanyaan tentang bagaimana cara menangkap peluang karir. Acara ini dipandu oleh moderator, yaitu Badar Fadillah, mahasiswa Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi UNJ.

Sesi diskusi ini dibawakan oleh pembicara, Foiman Zega, yang merupakan seorang profesional karir dengan memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun bekerja di BUMN. Sesi diskusi ini dimulai dengan mengetahui apa itu arti dari career? Kak Foiman menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencapai career, yaitu:

  1. Meningkatkan skill yang dibutuhkan;
  2. Menempuh pendidikan atau memiliki ketertarikan untuk terus belajar;
  3. Menetapkan goals atau tujuan yang ingin dicapai;
  4. Membangun jaringan atau networking;
  5. Memiliki communication skill yang baik;
  6. Fokus dengan kinerja;
  7. Berani mengambil risiko;
  8. Dapat menetapkan skala prioritas;
  9. Dapat memanfaatkan teknologi digital; dan
  10. Mencari mentor sebagai role model.

Sumber : Zoom

Selanjutnya, terdapat sesi tanya jawab oleh moderator dan peserta. Pertanyaan yang diajukan sangat menarik salah satunya adalah, “bagaimana cara agar dijadikan karyawan tetap saat kita magang di perusahaan?” Menurut Kak Foiman, beliau menjelaskan bahwa kita dapat bekerja dengan menunjukkan skill yang dimiliki dengan cara membuktikan bahwa diri kita ini memiliki potensi yang tinggi dan mengetahui seluk-beluk dari perusahaan tempat kita magang, seperti sejarahnya, produk yang dihasilkan, dan lain sebagainya.

Acara dilanjutkan dengan Briefing Breakout: Graduate Insight, peserta dipersilahkan untuk masuk ke Breakout Rooms Zoom untuk memilih topik yang di inginkan. Graduate Insight ini dibagi menjadi 5, yaitu:

  1. Graduate Insight: Dunia Manajemen. Dimoderatori oleh Dania Safitri dengan narasumber Deddy Sadjito;
  2. Graduate Insight: Dunia Ekonomi Administrasi. Dimoderatori oleh Badar Fadilah dengan narasumber Afidah Nur Aslamah;
  3. Graduate Insight: Studi Pascasarjana. Dimoderatori oleh Yoga Pratama dengan narasumber Agam Fadhila;
  4. Graduate Insight: Dunia Akuntansi. Dimoderatori oleh Salsabila Putri Cindia dengan narasumber Rini Oktavia;
  5. Graduate Insight: Dunia Bisnis dan Entrepreneurship. Dimoderatori oleh Azahra Putri dengan narasumber Her Sanyoto (Deeng).

Sesi pemaparan materi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam Breakout Rooms Zoom masing-masing, para peserta mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan sangat antusias. Peserta yang bertanya merasa senang dengan tanggapan pembicara yang sangat jelas dan informatif.

Setelah semua sesi pemaparan materi telah selesai, moderator pamit undur diri dan mengucapklan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi dalam meramaikan pemaparan materi dengan bertanya dan diskusi. Selanjutnya, acara diambil alih kembali oleh MC, kedua MC pun ikut mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah menghadiri acara ini sekaligus ikut meramaikannya. Lalu, acara dilanjutkan dengan melakukan doa penutup dan Career Talks FE UNJ resmi ditutup oleh MC pada pukul 12.45 WIB. (AKR/NBL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *