PRESS RELEASE SEMINAR FESTIVAL EKONOMI DAN ADMINISTRASI (FEAST) 2023

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Sabtu, 24 Juni 2023, Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Ekonomi dan Administrasi (BEMP EA) menyelenggarakan acara Seminar Festival Ekonomi dan Administasi (FEAST) dengan tema, yaitu “Sustainable Development Goals in Business”. Acara ini dihadiri oleh beragam peserta, baik itu mahasiswa/i dari Prodi Ekonomi Administrasi, mahasiswa/i baik dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas UNJ lainnya, dan juga peserta dari luar Universitas Negeri Jakarta. FEAST diselenggarakan pada aula lantai 9 Gedung Ki Hajar Dewantara, yang berlokasi di Kampus A, Universitas Negeri Jakarta.

Seminar FEAST dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB  yang dimulai dengan pembukaan oleh MC,  Nadhifah Azzura dan Lulu Novita Sari, keduanya merupakan mahasiswi aktif program studi Ekonomi Administrasi FE UNJ. MC kemudian menunjuk dua peserta untuk menanyakan motivasi untuk datang ke seminar FEAST dan jawaban dari kedua peserta adalah ingin lebih mempelajari tema yang menarik dari FEAST.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Kemudian, acara dilanjutkan dengan tilawah yang dibacakan dengan merdu oleh Wahyu, mahasiswa aktif Prodi Ekonomi Administrasi. Selesai tilawah alquran, MC membacakan tata tertib acara FEAST yang wajib dipatuhi oleh keseluruhan peserta FEAST 2023. Setelah pembacaan tata tertib, dilangsungkan ke agenda berikutnya, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang mewajibkan keseluruhan individu yang hadir untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Selesai Indonesia Raya, operator kemudian menayangkan video persembahan dari para sponsor FEAST 2023. Sponsor FEAST, yaitu ada Sari Roti, Frisian Flag, Cakap, Azalea, Rebo, dan Emina. Setelah agenda ini, MC melanjutkan ke agenda berikutnya, yaitu sambutan dari ketua pelaksana FEAST 2023, Muhammad Farrel Adi Pratama. Setelah sambutan dari Kak Farrel, MC melanjutkan ke sambutan berikutnya, yaitu dari Dimas Fikriansyah Daulay, selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiwa Prodi Ekonomi dan Administrasi (BEMP EA).

Setelah selesai sambutan dari Kak Dimas, MC meneruskan ke sambutan yang akan diberikan oleh Pembina BEM Prodi Ekonomi dan Administrasi, yaitu Bapak Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd., yang sayangnya tidak bisa hadir secara langsung dan memberikan sambutannya dalam bentuk video. Sambutan terakhir diberikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Bapak Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd., yang juga memberikan sambutannya dalam bentuk video karena berhalangan untuk hadir secara langsung.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Setelah semua sambutan selesai, MC kemudian melanjutkan Seminar FEAST ke sesi intinya, yaitu sesi materi yang diambil alih oleh moderator. Tetapi, sebelum diambil alih oleh moderator, MC terlebih dahulu membacakan CV dari moderator yang bernama Seruni Maharani, yang juga merupakan mahasiswi aktif dari Prodi Ekonomi dan Administrasi. Kemudian, setelah perkenalan moderator yang dilakukan oleh MC, MC mempersilahkan moderator untuk memimpin sesi materi dari Seminar FEAST.

Sebelum moderator memulai sesi materi, moderator membacakan terlebih dahulu CV dari pembicara dan memperkenalkan pembicara kepada para peserta. Pembicara pada FEAST 2023 merupakan Kak Andika Ramadhan Ferdiansyah S.PD. Kak Andhika sendiri merupakan CEO dari Clorismen, beliau juga alumni UNJ yang resmi lulus pada tahun 2017. Setelah perkenalan dari pembicara selesai, moderator memberikan arahan kepada pembicara untuk memberikan sesi materi dari FEAST 2023.

Kak Andika memberikan materi yang cukup bermanfaat dan sangat menambah wawasan, terutama kepada para mahasiswa/i yang ingin mencoba untuk membangun sebuah bisnis ataupun yang sedang menjalankan bisnis. Kak Andika juga sempat memberikan sebuah video dengan judul “#CEO before 30, muda gak usah takut usaha.” Kak Andika menjelaskan secara detail bahwa walaupun kita sebagai orang yang masih relatif muda, bukan berarti itu menjadi sebuah halangan bagi kita untuk berbisnis.

Kak Andika juga menjelaskan bahwa secara statistik, satu lowongan kerja biasanya diperebutkan oleh kurang lebih 800 orang pelamar kerja, dalam statement ini Kak Andika memberikan sebuah pandangan kepada para peserta bahwa sebagai lulusan sarjana, bukan berarti mudah untuk mencari kerja. Hal ini, dikarenakan banyak sarjana dari kampus lain yang lulus secara bersamaan dan di samping itu, lowongan kerja tidak bertambah sebanyak mahasiswa/i yang lulus setiap tahunnya.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Kak Andika juga memberikan materi yang sangat mendalam terhadap pembangunan bisnis, pelaksanaan bisnis, dan hal-hal lain yang perlu dilakukan dalam upaya menjalankan sebuah bisnis. Menurutnya, apabila seseorang ingin menjalankan sebuah bisnis, jangan terlalu banyak memikir lama. Akan tetapi, dicoba terlebih dahulu, apabila gagal janganlah dianggap kegagalan, melainkan dijadikan sebagai sebuah pengalaman penting dalam berbisnis.

Kak Andika kemudian melanjutkan materinya hingga selesai dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang cukup aktif oleh peserta. Setelah sesi materi telah selesai, panitia dari FEAST memberikan sertifikat serta token apresiasi kepada Kak Andika yang sukses memberikan materinya yang sangat bermanfaat kepada para peserta dari FEAST 2023. Setelah agenda ini selesai, acara kemudian diambil alih kembali oleh MC yang mempersilakan panitia untuk melakukan sosialisasi angket BPM kepada peserta.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Setelah selesai melakukan sosialisasi angket, MC mempersilakan panitia untuk membacakan doa penutup dari FEAST 2023. Kemudian, acara FEAST 2023 pun secara resmi ditutup oleh MC. Tetapi, sebelum ditutup, baik peserta maupun panitia melakukan foto bersama terlebih dahulu sebagai sebuah kenangan karena telah hadir dirangkaian acara FEAST 2023. Setelah selesai sesi dokumentasi, peserta dipersilakan untuk meninggalkan ruangan aula.  (BJW/TB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri