DEMI KURANGI POLUSI DI JAKARTA, PEMERINTAH LARANG ASN DINAS LINGKUNGAN HIDUP MEMBAWA KENDARAAN PADA HARI RABU

Sumber: Detik.com

Demi mengurangi tingkat polusi udara di Jakarta, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil setiap hari Rabu.

Aturan ini diberlakukan untuk seluruh karyawan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta baik yang bertugas di kantor, setiap wilayah Suku Dinas Lingkungan Hidup, serta Kantor Unit Pengelola Teknis (UPT) di bawah Dinas Lingkungan Hidup.

Sumber: Media Indonesia

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menjelaskan “Kami menetapkan setiap Rabu dalam satu pekan, seluruh ASN maupun PJLP yang bertugas, baik di kantor dinas atau lima suku dinas tidak membawa kendaraan bermotor, kecuali berbasis listrik,” jelas Asep.

Hal ini dilakukan guna mengurangi jumlah polusi udara yang ada di Jakarta sebab kualitasnya sudah buruk sejak beberapa terakhir. Kualitas udara yang ada di DKI Jakarta sudah memasuki tingkat tidak sehat dengan indeks kualitas udara dan polusi udara sebesar 162 per hari Rabu, 23 Agustus 2023 hari ini.

Selain itu, menurut kebijakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, kendaraan bermotor milik karyawan atau warga yang memasuki wilayah Pemprov DKI Jakarta, seperti kantor wali kota atau dinas sudah harus lulus uji emisi. Kendaraan yang beroperasi tersebut akan dicek platnya terlebih dahulu.

Sumber: Detik.com

Asep menambahkan bahwa pengujian emisi untuk kendaraan bermotor dapat dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta secara gratis setiap hari di kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Suku Dinas Lingkungan Hidup.

“Kami juga bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah untuk memfasilitasi pegawai yang ingin meminta pelayanan uji emisi,” lanjutnya.

Kebijakan lain yang ditetapkan demi mengurangi polusi udara di Jakarta adalah pemerintah menerapkan kembali sistem work from home (WFH) sebanyak 50% untuk ASN di daerah DKI Jakarta. Kebijakan tersebut mulai diberlakukan pada akhir bulan Agustus hingga tiga bulan kedepan. (SPY/NBL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri