MEMBANGUN MASA DEPAN KELUARGA YANG STABIL DENGAN PELATIHAN LITERASI KEUANGAN

Pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah, perlu dilakukan untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan. Lemahnya literasi keuangan keluarga menjadi salah satu permasalahan mendasar. Di tengah dinamika perekonomian global dan tuntutan gaya hidup modern, literasi keuangan keluarga bukanlah sekadar pilihan, tetapi menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Literasi keuangan keluarga menjadi aspek kunci dalam menciptakan stabilitas keuangan dan kesejahteraan bagi setiap rumah tangga. Dalam kehidupan sehari-hari, memiliki pemahaman yang kuat tentang keuangan dan kemampuan untuk mengelola dana sangatlah penting. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan literasi keuangan keluarga harus diperhatikan.

Menanggapi hal tersebut, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat di Kelurahan Beji, Kota Depok untuk melatih pengaturan keuangan keluarga. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pengelolaan keuangan pada masyarakat di Beji.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Susan Febriantina, S.Pd, M.Pd, bersama Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi UNJ yang terdiri dari delapan dosen: Prof. Dr. Dewi Susita, M.Si, Prof. Dr. Saparuddin M., M.Si, Dra. Sholikhah, M.M., Adam Zakaria, M.Ak., Ph.D, Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd, Rahmi, S.E., M.S.M., Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd, Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak. M.Ak serta mahasiswa, dengan antusias menggelar serangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2023. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 53 peserta yang merupakan anggota Komunitas Sehat Bugar Baitussalam (KSBB) di Kelurahan Beji, Kota Depok dan berasal dari berbagai profesi, mulai dari ibu rumah tangga hingga karyawan.

Dalam pelatihan literasi keuangan ini, peserta dipandu oleh Bapak Adam Zakaria, M.Ak., Ph.D selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang mengajarkan mengenai:

  1. Dasar-dasar Keuangan: Peserta mendapatkan pemahaman dasar mengenai perencanaan keuangan, perencanaan anggaran, dan evaluasi kesehatan keuangan.
  2. Investasi: Peserta diajarkan tentang berbagai jenis investasi seperti tabungan pensiun, obligasi, reksa dana, serta mindset investasi yang tepat.
  3. Pengelolaan Utang: Peserta diberikan panduan tentang pengelolaan utang dengan bijak, termasuk bagaimana mengurangi beban utang dan menghindari utang berlebihan.
  4. Dana Darurat: Pentingnya merencanakan dana darurat untuk mengantisipasi kondisi tidak terduga serta batas aman dana darurat yang harus dimiliki.

Diharapkan bahwa melalui program ini, masyarakat di Kelurahan Beji, Kota Depok dapat memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai literasi keuangan, dan hal ini akan berdampak positif pada kesejahteraan ekonomi mereka dalam jangka panjang.

Penulis: Vidia Ratu Balqis Malzara dan Prof. Dr. Saparuddin M., M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri