PRESS RELEASE OPENING PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) 2023

Senin, 21 Agustus 2023, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan opening dari rangkaian acara Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan Opening PKKMB dilaksanakan di GOR Rawamangun. Opening PKKMB dihadiri oleh keseluruhan fakultas yang ada di Universitas Negeri Jakarta, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Pendidikan Psikologi (FPSI).


Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Setiap fakultas sebelum memasuki lapangan GOR Rawamangun, terlebih dahulu berkumpul di titik kumpul yang telah diberitahukan oleh panitia masing-masing fakultas. Mulai pukul 06.00, para Mahasiswa Baru (MABA) mulai bergiliran untuk masuk ke dalam sesuai dengan arahan dari panitia. Pada pukul 08.20, terdapat parade pimpinan Universitas Negeri Jakarta, yang dilanjutkan dengan penampilan tari kolosal oleh UKM UNJ.

Setelah UKM UNJ selesai melakukan penampilan, agenda acara dilanjutkan dengan adanya pembukaan yang dilakukan oleh MC. Pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan adanya pembacaan doa yang dibacakan oleh M. Hammam Ja’far. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan penyanyian Indonesia Raya dan Hymne UNJ yang dipandu oleh rekan UKM UNJ, diikuti oleh keseluruhan yang hadir di Opening PKKMB.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Setelah penyanyian Indonesia Raya dan Hymne UNJ sudah berakhir, MC mempersilakan Ketua BEM UNJ untuk memberikan kata sambutannya, sambutan ketua BEM dilanjutkan dengan sambutan Koordinator UKM UNJ. Kemudian, terdapat laporan ketua pelaksana yang diberikan oleh Ketua Pelaksana PKKMB, yaitu Dr. Abdul Sukur, M.Si. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. dalam bentuk video. Setelah itu, Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si. selaku rektor dari Universitas Negeri Jakarta memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara PKKMB 2023 di mimbar panggung.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Setelah membuka acara PKKMB, agenda acara dilanjutkan kepada simbolis pembukaan dan penyematan slayer dari MABA/MIBA PKKMB 2023. Lalu, para MABA/MIBA dari setiap fakultas memberikan yel-yel, yang tentu dilakukan dengan penuh semangat oleh keseluruhan mahasiswa/i baru masing-masing fakultas yang hadir di PKKMB 2023.

Sumber: Sub. Dept. Fotografi

Setelah persembahan yel-yel setiap fakultas, acara dilanjutkan ke agenda berikutnya. Agenda berikutnya merupakan parade Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) dari Universitas Negeri Jakarta. Setiap fakultas bertepuk tangan terhadap mawapres yang melakukan parade, terutama yang berasal dari fakultasnya sendiri. Setelah parade selesai, mahasiswa/i baru kemudian mengikuti kegiatan ice breaking yang dilakukan dengan penuh semangat oleh keseluruhan peserta.

Kemudian, terdapat agenda acara yang cukup unik untuk diikuti oleh para mahasiswa/i baru. Agenda tersebut merupakan Twitter trending, yang mana agenda ini mengharuskan para mahasiswa/i baru untuk mengunggah foto dokumentasi yang telah disediakan oleh panitia dan menggunakan hashtag yang telah ditentukan sebanyak-banyaknya untuk menciptakan trending di Twitter.

Saat Twitter trending selesai, acara telah dipenghujung akhir. Namun, sebelum acara ditutup oleh MC, terdapat agenda penyanyian lagu Mars UNJ. Setelah semua agenda selesai, MC menutup kegiatan dan para panitia dari Opening PKKMB melakukan pengondisian untuk kembali ke titik kumpul masing-masing fakultas sebelum para mahasiswa/i baru diperbolehkan untuk pulang. (BJW/NBL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri