BWF World Tour Final 2023

Final Tur Dunia BWF yang merupakan turnamen bulu tangkis tahunan yang diselenggarakan pada bulan Desember tengah berlangsung. Edisi 2023 berlangsung pada tanggal 13-17 Desember di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok, dengan total hadiah uang sebesar USD$2.500.000. Turnamen ini menampilkan delapan pemain/pasangan teratas dalam klasemen Tur Dunia BWF di setiap disiplin ilmu, dengan maksimal dua pemain/pasangan dari asosiasi anggota yang sama. Hasil dan klasemen turnamen dapat dilihat di situs resmi BWF dan Olympic Channel.

Seluruh hasil dan kedudukan grup Final Tur Dunia BWF 2023 dapat dilihat secara langsung di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok, pada tanggal 13-17 Desember 2023. Sedangkan, untuk menonton turnamen secara tidak langsung dapat melalui saluran olimpiade pada situs Olympics.com dan aplikasi resmi Olimpiade di wilayah tertentu.

Sumber: cnnindonesia.com

Indonesia mengirim enam perwakilan pemain terbaik pada ajang kali ini. Mereka adalah:

  • Jonatan Christie (Tunggal putra);
  • Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal putra);
  • Gregoria Mariska Tunjung (Tunggal putri);
  • Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (Ganda Putra);
  • Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri (Ganda Putra); dan
  • Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (Ganda Putri).

Sementara itu, berikut merupakan hasil dan posisi terkini dalam klasemen Grup A Tunggal Putri per tanggal 15 Desember, yaitu:

  1. An Se-young (Korea)
  • Mengumpulkan 2 poin dari 3 pertandingan: 2 Kemenangan, 1 Kekalahan, dengan hasil game 4-2 dan perolehan poin 120-104.
  1. Tai Tzu-ying (China Taipei)
  • Meraih 2 poin dari 3 pertandingan: 2 Kemenangan, 1 Kekalahan, dengan hasil game 4-3 dan perolehan poin 137-126.
  1. Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)
  • Mencatat 1 poin dari 3 pertandingan: 1 Kemenangan, 2 Kekalahan, dengan hasil game 2-5 dan perolehan poin 127-137.
  1. Kim Ga-eun (Korea)
  • Mendapatkan 1 poin dari 3 pertandingan: 1 Kemenangan, 1 Kekalahan, dengan hasil game 4-4 dan perolehan poin 144-161.

Tim Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, secara resmi meraih gelar juara dalam Grup B setelah mengakhiri pertandingan terakhir mereka melawan pasangan ganda putra juara dunia asal Korea Selatan, Kang Min-hyuk dan Seo Seung-jae, pada hari Jumat (15/12/2023). Meskipun kalah dalam pertandingan tersebut, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto berhasil mengamankan posisi juara grup setelah menunggu hasil laga terakhir di Grup B.

Sumber: Bolasport.com

Juara Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen, akan berusaha mempertahankan mahkota tunggal putra setelah meraih gelar juara tiga kali berturut-turut. Juara bertahan tunggal putri, Akane Yamaguchi, dari Jepang absen karena cedera. Siapa yang akan mengisi posisinya? Delapan pemain teratas di Tur Dunia musim ini di tunggal putra dan putri, serta ganda putra, putri, dan campuran akan bersaing dalam turnamen grup hingga sistem gugur untuk menobatkan juara Final Tur Dunia tahun ini pada 13-17 Desember 2023. Informasi lebih lanjut dan klasemen grup dapat ditemukan di situs web resmi BWF atau sumber berita olahraga terpercaya. (NS/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
marsbahis