GEMPA DI SUMEDANG MENJADI AWAL BENCANA PADA TAHUN 2024 BAGI WARGA SUMEDANG

Pada Senin, 1 Januari 2023, gempa berkekuatan 4,4 SR melanda wilayah Sumedang, Jawa Barat, pada pukul 20.46 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun X resminya mengumumkan, gempa terjadi 4 kilometer dari timur laut Kabupaten Sumedang.

Sumber: Dokumentasi BMKG

Sebelumnya, Sumedang juga diguncang gempa berkekuatan 4,8 SR pada Minggu, 31 Desember 2023 sekitar pukul 20.34 WIB. Gempa terjadi pada kedalaman 5 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang.

Gempa yang terjadi tadi malam menimbulkan kepanikan warga dan merusak bangunan. Sebanyak 331 pasien RSUD Sumedang, terdiri dari 248 pasien rawat inap dan 83 pasien UGD, dievakuasi ke lapangan pembangunan dan lima tenda didirikan di jalan raya sekitar rumah sakit. Terdapat tiga gedung rumah sakit yang mengalami kerusakan akibat gempa, yaitu Gedung Paviliun, Gedung VIP, dan Gedung Sakura.

BMKG Bandung mengumumkan gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang, Lembang, Subang, Bandung, hingga Garut. Oleh karena itu, dikhawatirkan Sesar Lembang adalah sesar aktif.

Terdapat 53 rumah di distrik Babakan Hurip, dan sekitar 200 warga dievakuasi ke posko-posko terdekat. Tim gabungan saat ini sedang mendirikan tenda outdoor untuk menampung warga terdampak.

Sumber: sumaterazone.co.id

Pihak pejabat bupati Subang memperkirakan 1.000 warga terkena dampak kerusakan bangunan. Mereka dievakuasi ke tiga lokasi aman. “Kami telah menyiapkan tenda darurat di tiga lokasi tersebut,” ujarnya.

Tiga gempa bumi yang mengguncang Sumedang pada Minggu, 31 Desember 2023 tergolong dangkal, dengan kedalaman kurang dari 10 kilometer.

Gempa pertama terjadi pada pukul 14.35 dengan kekuatan 4.1 SR. Pusat gempa berada 1 km timur laut Sumedang dengan kedalaman 7 km. Gempa juga dirasakan di  Kota Bandung, Garut, dan Subang.

Gempa berikutnya terjadi pukul 15.38 dan berkekuatan 3,4 SR. Lokasi gempa terletak 3 kilometer timur laut Sumedang dan kedalaman gempa 6 kilometer.

 Gempa ketiga terjadi pada pukul 20.34 WIB dengan pusat gempa 2 kilometer timur laut Sumedang, kedalaman 5 kilometer, dan  4,8 SR.

Pemerintah Kabupaten Sumedang dikabarkan menyiagakan posko utama di pangkalan pam Natal depan alun-alun Sumedang, termasuk memberikan informasi.

 Sementara itu, Bupati Sumedang, Tuti Ruswati memastikan situasi di Sumedang aman terkendali dan mengimbau warga agar tetap tenang. Tuti menegaskan, untuk segera keluar rumah jika terjadi gempa susulan. (IB/ARS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri