Sumber: Quipper

Dies Natalis ke-60 UNJ “Bertransformasi Menuju Universitas Kelas Dunia”

Jakarta — Kamis, 16 Mei 2024, merupakan hari dilakukannya sidang terbuka Universitas Negeri Jakarta dalam rangka pembukaan Dies Natalis ke-60 UNJ yang bertemakan “Bertransformasi Menuju Universitas Kelas Dunia”. Sidang senat terbuka tersebut berlangsung di Aula Latif Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika lantai 2, Kampus A UNJ, Rawamangun. Sidang ini dihadiri oleh para pimpinan dan senat UNJ.

Pembukaan Dies Natalis diawali dengan pidato dari Rektor Universitas Negeri Jakarta, yaitu Prof. Dr. Komarudin, M. Si. Lalu, ada pula kumpulan video ucapan selamat Dies Natalis ke-60 Universitas Negeri Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris. 

Universitas Negeri Jakarta resmi memasuki usianya yang ke-60 tahun. Kampus negeri yang berada pada jantung provinsi DKI Jakarta ini merayakan ulang tahunnya dengan menyajikan beragam rangkaian kegiatan dalam bidang akademik maupun nonakademik selama satu bulan penuh.

Sejarah mengenai Universitas Negeri Jakarta yang lahir pada 16 mei 1964 didasarkan melalui Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963 tentang ditetapkannya integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru. Salah satu butir pernyataan Keppres tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta. 

FKIP dan IPG diubah menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). FKIP Universitas Indonesia dan IPG Jakarta diintegrasikan menjadi IKIP Jakarta. Dalam perkembangan selanjutnya, IKIP diberi perluasan mandat untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah universitas. 

IKIP Jakarta sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, dan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara. (KMU/YDH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri