Sumber: Beautynesia.id

Bocoran Rahasia Kaya Raya Ala Crazy Rich Gen Z!

Merdeka finansial, siapa yang tidak mau, sih? Bebas dari jeratan utang, punya tabungan yang cukup buat traveling keliling dunia, bahkan mungkin pensiun dini? Kedengarannya kayak mimpi, gak, sih? Tetapi, buat Gen Z, ini bukan sekadar mimpi, guys! Ini target yang realistis, asal kita punya strategi yang tepat.

Gen Z sering dijuluki, “Kaum Mendang-Mending”, alias generasi yang lebih suka menunda daripada memulai. Nah, kalau mau merdeka finansial, mindset ini harus diubah menjadi mindset “Kaum Mumpung Muda” alias generasi yang memanfaatkan masa muda untuk membangun fondasi keuangan yang kuat.

Kita Harus Mulai dari Mana, Ya?

  1. Nabung Dulu, Gaya Belakangan!

Sumber: infobanknews.com

Tidak perlu gengsi untuk hidup sederhana. Lupakan gaya hidup mewah yang cuma bikin kantung bolong. Lebih baik sisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung. Jangan remehkan kekuatan peribahasa, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.”

  1. Investasi, Jangan Cuma Nabung!

Sumber: blog.bibit.id

Uang yang ditabung tidak akan berkembang kalau hanya didiamkan. Coba, deh pelajari berbagai instrumen investasi, seperti reksa dana, saham, atau bahkan properti. Tidak perlu jadi ahli, yang penting mulai saja dulu! Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan platform investasi online yang mudah diakses dan cocok untuk pemula.

     3. Cari Penghasilan Tambahan!

Sumber: Tirto.id

Siapa bilang anak muda hanya bisa kerja kantoran? Manfaatkan skill yang kamu punya untuk cari penghasilan tambahan. Mulai dari freelance, jualan online, hingga menjadi  content creator, semua bisa dijadikan sumber uang, lho! Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyamanmu.

     4. Bijak Kelola Utang!

Utang produktif boleh, tetapi utang konsumtif jangan! Hindari utang yang cuma bikin kamu terjebak di lingkaran setan, seperti gali lubang tutup lubang. Kalau punya utang, buatlah rencana pelunasan yang realistis dan disiplinlah dalam menjalankannya.

Merdeka finansial di usia muda bukan hal yang mustahil, kok. Kuncinya ada di diri kita sendiri, mau terus menunda atau mulai bergerak dari sekarang? Pilihan ada ditanganmu, Gen Z! Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena tidak memulai dari sekarang. Ingat, waktu terus berjalan dan kesempatan tidak datang dua kali. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai langkahmu menuju merdeka finansial sekarang juga! (IRN/ELZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *