Sumber: detik.com

Say No to Overthinking: Yuk, Pelajari Ilmu Stoikisme untuk Mengatasi Overthinking!

Overthinking dapat terjadi karena seseorang terlalu banyak berpikir atau memikirkan perasaan secara berlebihan yang cenderung berdampak negatif. Hal ini dapat diawali dari depresi, stres, hingga marah karena adanya suatu permasalahan hidup atau peristiwa tertentu.

Perlu kita sadari, terlalu banyak overthinking akan menyebabkan seseorang menjadi gelisah dan kurang percaya diri. Overthinking juga dapat menganggu kesehatan mental. Oleh karena itu, dengan mempelajari ilmu stoikisme kita dapat belajar mengenai cara hidup dengan rasa tenang tanpa memikirkan suatu hal secara berlebihan.

Stoikisme? siapa yang tidak tahu tentang ilmu filosofis yang sangat popular ini. Bahkan seorang penulis buku yang bernama Henry Manampiring memberi nama bukunya dengan judul “Filosofi Teras” yang membahas mengenai penerapan ilmu stoikisme dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Goodreads.com

Stoikisme merupakan ilmu filsafat yang berasal dari Yunani yang didirikan oleh filsuf dari Citium pada abad ke-3.  Ilmu stoikisme mengajarkan seseorang untuk hidup bebas dari hasrat agar tidak terpengaruh oleh kebahagiaan atau kesedihan yang datang dari orang lain serta tidak mengeluh tentang hal-hal yang tidak bisa dihindari. Stoikisme juga memberikan sebuah pengaruh untuk selalu bersikap tenang dalam keadaan apapun.

Sumber: The Conversation.com

Happiness is a choice,” yang artinya, “Kebahagiaan merupakan sebuah pilihan.” Kita harus hidup dengan rasa bahagia dengan tidak memikirkan perkataan atau suatu permasalahan secara berlebihan. Manfaat dari menerapkan ilmu stoikisme dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai alat untuk mengendalikan emosi atau perasaan kita ketika mendapatkan sebuah pengaruh buruk agar kita tetap tenang dan tidak bertindak negatif.
  2. Mengurangi stres dan kecemasan.
  3. Hidup menjadi lebih tenang dan tidak banyak beban pikiran.
  4. Meningkatkan rasa percaya diri.
  5. Meningkatkan kemampuan untuk mengambil sebuah tindakan dengan bijak dengan mempertimbangkan konsekuensinya.

Dengan menerapkan ilmu stoikisme dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan kita tidak lagi overthinking, percaya diri terhadap apa yang kita lakukan, serta dapat menjalin hubungan yang lebih baik dan positif dengan orang-orang di sekitar kita ya, friends! (FR/ND)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *