Sumber: id.pinterest.com

Literasi Digital: Senjata Ampuh dalam Melawan Hoaks di Era Informasi

Dalam era digital saat ini, arus informasi mengalir begitu cepat. Namun, di antara lautan informasi yang tersedia, tidak semua konten yang kita temui adalah fakta. Penyebaran berita palsu atau hoaks menjadi tantangan besar yang dapat mengganggu ketertiban sosial, menimbulkan kepanikan, dan bahkan merusak reputasi individu atau institusi. Oleh karena itu, literasi digital muncul sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Artikel ini akan membahas tentang pentingnya literasi digital dalam mencegah penyebaran hoaks.

Sumber: id.pinterest.com

Apa Itu Literasi Digital?

Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan penggunaan dalam memanfaatkan media digital, misalnya alat komunikasi, jaringan internet, dan lain sebagainya. Kemudian menurut Deakin University’s Graduate Learning Outcome 3, literasi digital adalah upaya memanfaatkan teknologi dalam menemukan, menggunakan, dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital seperti ini. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa literasi digital merupakan upaya yang diperlukan individu pada era canggih seperti saat ini untuk menyaring informasi secara akurat.

Mengapa Literasi Digital Itu Penting?

  1. Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir dan memahami informasi.
  2. Menambah kemampuan belajar individu dalam membaca, merangkai kalimat, serta menulis informasi.
  3. Membantu memahami pentingnya etika dalam menggunakan teknologi digital, termasuk tentang hak cipta, privasi, dan cyberbullying.
  4. Membuat kita dapat mempersiapkan keputusan yang lebih baik karena adanya proses menganalisis dan membandingkan informasi.

Upaya Meningkatkan Literasi Digital

  1. Literasi Digital di Sekolah

Komunikasi dengan guru atau teman menggunakan media sosial. Pembelajaran dan pengiriman tugas menggunakan platform pembelajaran online, yakni menggunakan aplikasi ataupun web. Serta mencari bahan ajar dari internet dengan sumber yang terpercaya.

  1. Literasi Digital di Rumah

Melihat tutorial memasak dari internet dan mendengarkan musik dari layanan streaming resmi.

  1. Literasi Digital di Lingkungan Masyarakat

Menggunakan media internet untuk menggalang dana. Menggunakan grup media sosial untuk menyebarkan informasi yang tepat dan kredibel. Serta penggunaan media sosial untuk promosi penjualan.

Kesimpulan

Literasi digital merupakan kunci utama dalam mencegah dan mengatasi penyebaran berita hoaks. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan literasi digital yang baik, individu dapat mengembangkan kemampuan verifikasi informasi, berpikir kritis, dan menjaga keamanan daring. Melalui literasi digital di sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat, kita dapat membangun masyarakat yang lebih sadar dan bertanggung jawab dalam mengelola informasi di era digital. (FL/YDH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri