EKOPERS DAY Jilid II: MOTIVASI DALAM BINGKAI GOTONG ROYONG

          EconoChannel – Selasa (15/3) Gotong royong dan kekeluargaan, itulah simbol yang diangkat untuk menggambarkan acara Ekopers Day yang di gelar pada Selasa, 15 Maret 2016 di Aula Latief Hendradiningrat Gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ dan dihadiri oleh para dosen dari konsentrasi Ekonomi Koperasi, mahasiswa/i Ekonomi Koperasi 2011 yang akan diwisuda, dan mahasiswa/i Ekonomi Koperasi 2012-2015. Tujuan diselenggarakannya Ekopers Day adalah untuk memberikan kesan kepada ‘Ekopers’ (sebutan untuk mahasiswa-mahasiswi ekonomi koperasi) yang akan yudisium, memberikan salam perpisahan untuk mahasiswa-mahasiswi yang akan yudisium, dan memotivasi mahasiswa Ekonomi Koperasi yang masih aktif agar giat belajar sehingga dapat lulus tepat waktu. Pembukaan acara diawali dengan pembacaan tilawah yang disampaikan oleh Afif dan Giri serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh Dekan, Ketua Konsentrasi, dan perwakilan wisudawan.

Agenda utama dari acara ini adalah yudisium untuk mahasiswa angkatan 2011 sekaligus memperkenalkan mahasiswa Ekonomi Koperasi 2015. Selain itu diadakan juga kuliah umum tentang Penguatan Karakter Menghadapi Dunia Kerja dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN oleh Addin Jaharudin, S.H, M.Pd, yang menjabat sebagai Komisaris PT Garam BUMN. “Prinsipnya bagus, tapi perlu dipacu lagi dan dijembatani,” tutur beliau saat membahas UKM sebagai penopang terkuat dalam perekonomian Indonesia. Sebelum mengakhiri kuliah umum, beliau sangat mengapresiasi acara Ekopers Day ini, karena terdapat keseriusan dan rasa humor didalamnya. “Terus berkarya dan terus berinovasi” itulah yang beliau ucapkan kepada mahasiswa-mahasiswi Ekonomi Koperasi diakhir kuliah umum. Acara dilanjutkan dengan penampilan Pandu Suca membawakan Stand Up Comedy yang mampu membuat peserta tertawa lepas.
Karuniana Dianta A. Sebayang, S.IP, ME selaku Ketua Konsentrasi Ekonomi Koperasi menjelaskan bahwa acara ini gabungan dari acara yudisium, kuliah umum, dan ajang silaturahmi untuk mahasiswa-mahasiswi Ekonomi Koperasi di Universitas Negeri Jakarta, mulai dari yang aktif kuliah hingga yang akan wisuda. Dalam acara ini tidak ada panitia, karena menurut pemaparan dari Dianta acara ini sengaja dirancang untuk menjalin kekeluargaan dan keharmonisan yang sangat penting dibangun. Beliau juga menambahkan bahwa tidak membutuhkan dana besar untuk mengadakan acara ini, karena yang terpenting berkumpul bersama dan tidak ada kendala satu pun sudah cukup.
Khususnya bagi mahasiswa-mahasiswi Ekonomi Koperasi yang akan diwisuda tentu acara yudisium menjadi acara sangat yang dinantikan, karena terdapat suka maupun duka yang mereka alami dalam menyelesaikan skripsi sehingga menjadi kenangan yang berharga ketika mereka akan diwisuda dan meninggalkan kampus yang selama ini menjadi perjuangannya untuk menempuh kehidupan selanjutnya.
Tidak kalah serunya, mahasiswa-mahasiswi aktif Ekonomi Koperasi juga mempersembahkan sebuah penampilan vokal grup dari Ekonomi Koperasi 2013, tari saman dari Ekonomi Koperasi 2014, dan dance yang dibawakan oleh Jazmi sebagai mahasiswa Ekonomi Koperasi 2015 mampu membawa suasana lantas para hadirin ikut menari dan menyanyi bersama. Kemudian hiburan tersebut diakhiri dengan penampilan Stand Up Comedy yang dibawakan oleh Sohib selaku Alumni Ekonomi Koperasi. Memasuki rangkaian acara penutup Ekopers Day Jilid II diakhiri dengan pembacan do’a.

Acara Ekopers Day ini memberikan kesan yang berarti khususnya bagi mahasiswa Ekonomi Koperasi yang akan wisuda, karena mereka dapat bertemu dengan teman seperjuangannya, adik-adik tingkat bawah, dan para dosen yang membimbing serta membantu dalam menyelesaikan perkuliahan mereka. “Yang pasti jangan lihat kanan kiri. Misalkan perbedaan antara konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Pendidikan Ekonomi Koperasi. Kalau sudah jalannya di Ekop ya jalani saja pasti ada kelebihan masing-masing. Jangan menyerah, jangan putus asa, jalani dengan happy, dan semoga Ekop lebih kompak lagi lalu lebih dekat lagi sama dosen-dosennya” ujar calon wisudawati, Mutia Sari yang memberikan pesan untuk adik-adik tingkatnya. Tidak hanya calon wisudawati yang memberikan kesan dan pesan, perwakilan mahasiswa Ekonomi Koperasi 2015 juga ikut memberikan kesan dan pesannya “Acaranya seru. Kami sebagai angkatan 2015 nih masih baru ikut serta dalam Ekopers Day, jadi kamipun diminta untuk aktif dan berpartisipasi walaupun serba mendadak, tapi hal ini membangun kebersamaan agar semakin solid sesama angkatan. Semoga acara Ekopers Day ini masih terus berlanjut kedepannya agar kita bisa saling kenal dengan kakak tingkat lainnya untuk menjalin silaturahmi,” ujar Revina Amirsta Nisa, salah satu mahasiswi ekonomi koperasi angkata 2015. (SP/IK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *