“PANORAMA AWARDS 2016”

Lahirnya Klub Fotografi PANORAMA di dasari karena maraknya klub-klub dan komunitas fotografi yang bermunculan hasil bentukan mahasiswa di Indonesia baik dalam skala Universitas maupun skala Kota/Provinsi. Ini dijadikan alat pemersatu pecinta fotografi yang akan mempererat tali silaturahmi antar klub dan komunitas Fotografi yang ada. PANORAMA berdiri pada 21 September 2006 di prakarsai oleh 11 Klub Fotografi Mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya. PANORAMA merupakan sebuah organisasi berbentuk federasi yang mewadahi klub-klub fotografi mahasiswa yang bernaung di bawah Perguruan Tinggi. 
Salah satu bidang seni dan komunikasi masa yang penuh kreativitas adalah Dunia Fotografi. Maka PANORAMA AWARDS 2016 diselenggarakan untuk mengembangkan jiwa seni fotografi mahasiswa dalam lingkup internal maupun eksternal. Dalam lingkup internal bisa melalui klub fotografi mahasiswa yang berda di bawah naungan Perguruan Tinggi dan dalam lingkup eksternal, mereka perlu di kenal oleh masyarakat Nasional maupun Internasional.
Klub fotografi Panorama anggotanya berjumlah 24 klub terdiri dari 22 perguruan tinggi di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Dalam rangka untuk menjalin komunikasi dan mempererat tali persaudaraan di kalangan mahasiswa se-Indonesia, maka dilaksanakanlah kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi seperti Diskusi Fotografi, Hunting Foto Bersama, Pmeran Foto Bersama dan banyak lagi kegiatan positif lainnya.
Berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan dan diikuti oleh PANORAMA diantaranya yaitu, Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia, Musyawarah Nasional Fotografi Mahasiswa Indonesia, Anugerah PANORAMA AWARD 2015, Panorama Beramal, Hunting Besar Panorama, Panorama Cup, Panorama Trip, Panorama Makrab (malam keakraban), Diskografi (diskusi fotografi), Seminar Fotografi, Workshop Fotografi dan kegiatan yang bersifat edukasi lainnya dalam meningkatkan tali kekeluargaan yang diadakan rutin setiap tahun. 
Tahun ini PANORAMA kembali mengadakan acara “PANORAMA AWARDS 2016”, yaitu kegiatan 

Anugerah Karya Fotografi tahunan yang diikuti para mahasiswa dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi.
Kegiatan tersebut berlangsung di Jakarta pada tanggal 06-20 Mei 2016 tempatnya di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta. Kegiatan ini dimanfaatkan untuk menunjukkan kemampuan dan jati diri mereka yang berupa hasil karya foto terbaik oleh ratusan anggota Panorama.
Tema yang diambil dalam acara “PANORAMA AWARDS 2016” adalah “JEJAK” yang dapat diartikan dari berbagai sudut pandang para penikmat foto sesuai dari apa yang dia lihat, apa yang dia fikirkan dan apa yang dia rasakan dari seorang fotografer untuk menghasilkan sebuah karya foto.
Kategori yang dilombakan diantaranya adalah budaya, landscape, fashion, konsep, potret, jurnalistik, foto cerita, dan foto esei.
Bagi mahasiswa/i yang telah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan dunia fotografi di tingkat perguruan tinggi akan diberi penghargaan oleh panitia penyelenggara “PANORAMA AWARDS 2016”. Hasil karya Foto Jurnalistik dan Foto Konsep Komersil terbaik akan dipamerkan dalam acara Anugrah PANORAMA AWARDS 2016 di Galeri Foto Jurnalistik Antara. Tujuannya adalah untuk pemberian penghargaan dan apresiasi karya-karya foto selain itu juga untuk memasyarakatkan dan memajukan Fotografi di kalangan mahasiswa di Indonesia, serta sebagai sarana Silaturahmi bagi Mahasiswa pecinta Fotografi di Indonesia.

Jumlah Peserta kegiatan PANORAMA AWARDS 2016 totalnya 140 peserta dari 24 klub Fotografi Mahasiswa yang tergabung dalam PANORAMA, dari karya 1028 yang terkumpul terpilihlah karya foto berjumlah 72. Penjurian akan dilakukan bersama Oscar Motuloh, Firman Ichsan dan Ray Bachtiar di Galeri Foto Jurnalistik Antara.
Semoga “pencapaian fotografi para kampiun secara kualitatif membuat kita dapat tersenyum sambil berharap bahwa pada pundak mereka kelak, panji fotografi kita akan terus berkibar”. Dengan adanya semua kegiatan ini kita mengetahui bahwa banyak anak bangsa yang menghasilkan karya fotografi yang berkualitas dan membanggakan dan semuanya itu patut kita apresiasi dan berikan penghargaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *