Rektor UNJ : “Saya Berharap Prestasi Dosen Bisa Bersaing dengan Prestasi Mahasiswanya”

      
     Econochannel (16/05/17) – Rektor UNJ Prof Dr. Djaali mengemukakan peringkat UNJ di hadapan civitas akademika UNJ dalam sambutannya pada acara Dies Natalis UNJ ke – 53 (15/5) di lapangan UPT, Kampus A UNJ. Peringkat ini berdasarkan pemeringkatan Ristekdikti.
    Rektor merasa bangga atas  prestasi mahasiswa UNJ yang mana untuk tingkat internasional ada 80 dan tingkat nasional ada 172, sehingga UNJ mendapat  peringkat 6 di bidang  kemahasiswaan.
     Namun, sangat disayangkan peringkat UNJ di bidang SDM  terus melorot  yang mana pada saat ini posisinya berada pada peringkat 187. Menurutnya, salah satu penyebabnya adalah karena banyak dosen yang tidak lulus –  lulus.
   Adapun kriteria penilaian SDM ini difokuskan pada keefektifan sistem perekrutan, ketersediaan sumber daya dari segi jumlah, kualifikasi pendidikan dan kompetensi, program pengembangan, penghargaan, sanksi dan pemutusan hubungan kerja, baik bagi dosen maupun tenaga kependidikan untuk menyelenggrakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu sesuai visi dan misi perguruan tinggi. “Oleh karena itu kita banyak program untuk meningkatkan kualitas SDM, karena SDM ini soal kualitas dan kuantitas“  Ujarnya. Sedangkan untuk peringkat umum, UNJ diperingkat 24 dari 3244 perguruan tinggi seluruh indonesia.
       “Dengan ranking 24 kita masuk kategori perguruan tinggi besar,  maka dari itu kita punya tanggung jawab  besar yang merupakan tanggung jawab kita bersama” Ujarnya
  Adapun peringkat UNJ di bidang penelitian dan publikasi berada diperingkat 27 – 29, sedangkan peringkat akreditasi di posisi 21. Menurutnya, kemajuan sebuah perguruan tinggi yang paling utama ada di tangan dosen, Ia pun berharap agar prestasi dosen bisa bersaing dengan prestasi mahasiswanya, karena masyarakat sudah terlanjur menganggap UNJ sebagai universitas yang besar. (Rdm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *