SPEC Eksternal : “Reportase dan Penulisan Berita”

      
          Econochannel (17/05/2017) – Pada tanggal 17 Maret 2017 Lembaga Pers Econochannel menyelenggarakan SPEC (sekolah Pers Econochannel) Eksternal yang dikhususkan untuk khalayak umum yang bertempat di gedung N 104 – 105, SPEC ini merupakan salah satu program kerja dari divisi PSDM. Acara SPEC Eksternal dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh MC Samuel Henrico dan Amalia Dhiaz Fadhira, Sari tilawah oleh saudara Rico dan Zidni, serta sambutan oleh ketua pelaksana Rian Hidayat dan sambutan dari pemimpin umum econochannel Auliadi Ahmad. Acara ini dihadiri oleh 52 orang peserta, dan semakin banyak berdatangan dipertengahan waktu.
    SPEC Eksternal kali ini bertemakan “Reportase dan Penulisan Berita” dengan pembicara saudara Akbar Evandio dan Ahmad Maulana sebagai moderator. Dalam proses penyampaian materi terlihat bahwa peserta menyimak dengan antusias hal-hal yang disampaikan oleh pembicara. “Kita harus bisa membuat judul yang membuat orang lain tertarik untuk membaca tulisan kita, judul juga harus bisa membuat orang lain paham tentang apa yang ingin disampaikan oleh penulis dan relevan”, salah satu kutipan dari pembicara pada saat acara berlangsung.
   Setelah penyampaian materi yang berlangsung selama 1 jam, dibuka sesi tanya jawab untuk peserta. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan salah satu pertanyaan menarik, yaitu bagaimana cara membedakan berita hoax atau fakta, untuk membedakannya kita harus membaca judulnya, lihat redaksinya apakah berita tersebut dari redaksi yang terpercaya atau tidak, dibaca pula penulisannya karena jika berita hoax biasanya akan ada banyak opini dalam artikelnya. Setelah sesi tanya jawab ditutup, ada pemberian bingkisan kepada pembicara oleh ketua pelaksana.
                     
(Penyerahan sertifikat kepada pembicara)
(Foto oleh : Farrel Muhamad)
 Diakhir acara SPEC Eksternal diadakan pengumuman dan pemberian trophy serta bingkisan kepada pemenang Econochannel Writing Competition I. Dimana EconoChannel Writing Competition adalah kompetisi menulis yang diadakan oleh EconoChannel FE UNJ, dalam kompetisi ini para peserta dapat menyalurkan hobi menulisnya dengan menuliskan artikel sesuai dengan tema yang ditentukan.
                       
(Penyerahan trophy kepada pemenang EWC)
(Foto oleh : Farrel Muhamad)
  Juara pertama jatuh pada Seftinia Rachmawati, pemberian hadiah kepada pemenang berupa trophy dan bingkisan oleh pemimpin umum Auliadi Ahmad dan juara kedua yang jatuh pada Amril Muharyadi, pemberian trophy oleh ketua pelaksana Rico Tri Rahmadi. Selanjutnya diadakan sesi foto bersama sebagai penanda bahwa acara SPEC Eksternal 2017 telah selesai. Dengan diadakan SPEC Eksternal ini diharapkan bahwa masyarakat khususnya mahasiswa dapat mengenal dunia reportase dan semakin banyak yang tergerak untuk menulis, karena dengan tulisan kita dapat dikenal dan abadi dalam karya berupa tulisan. (Rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *